Ananda Dhika Kuswardani Siswa SMA N 1 Mojolaban ini, Pemuda Polokarto Masuk Tim Sepak Bola Garuda Select

IMG-20190926-WA0002-pemuda-polokerto-sukoharjo

SUKOHARJO – Prestasi membanggakan diraih Ananda Dhika Kuswardani, warga RT 02 RW 03 Desa Jatisobo Kecamatan Polokarto ini. Siswa kelas 2 SMA N 1 Mojolaban ini berhasil lolos seleksi dan masuk tim sepak bola Garuda Select yang akan belajar di Negara Inggris dan Italia selama 9 bulan mendatang.

Dia, akan bergabung dengan 21 pemainnya lainya, Sabtu (28/9) besok di Jakarta sebelum bertolak ke Inggris dan Italia. “Alhamdulillah, senang bisa masuk tim Garuda Select dan akan belajar di dua Negara, Inggris dan Italia,” ujar Dhika, sapaan akrabnya saat ditemui dikediamannya RT 02 RW 03 Desa Jatisobo Kecamatan Polokarto.

Tidak mudah bagi, Dhika untuk lolos seleksi dan masuk tim Garuda Select. Dia, harus bersaing dengan ratusan pemain dari berbagai daerah di Indonesia. Mantan pemain PSS Sleman U-16 ini dapat panggilan untuk seleksi di Garuda Select itu bulan Juli kemarin. Pada seleksi pertama ada 48 pemain dan lolos untuk mengikuti seleksi selanjutnya.

“Saat seleksi itu dari pelatih tidak langsung diumumkan, tapi menunggu undangan selama satu bulan. Akhir Agustus kemarin dapat kabar kalau sudah lolos. Proses seleksi itu selama saya ikut kejuaraan Super Soccer TV Elite Pro Academy Liga 1 U-16 dengan memperkuat PSS,” ungkap pemain berposisi sayap ini.

Kemampuan Fisik

Rencananya tim Garuda Select, akan berangkat sekitar tanggal 6 atau 7 Oktober nanti. Pertama itu menuju di Inggris, disana Dhika dan kawan-kawan selama delapan bulan. Lalu selama satu bulan pindah ke Italia.

“Di Inggris dan Italianya mana saya belum tahu. Jadi ini seperti Garuda Select jamannya Bagas Kaffa dan Bagus Kahfi kemarin. Masuk timnas memang menjadi cita-cita saya sejak kecil,” imbuh penyuka tim Barcelona ini.

Fisik Prima

Untuk persiapan selama menimba ilmu disana sudah dilakukan lama. Lebih banyak menjaga dan meningkatkan kondisi fisik, seperti lari-lari. “Yang terpenting di fisik. Karena untuk skill bermain bisa dilakukan saat berlatih disana. Pastinya untuk latihan-latihannya akan berbeda dengan disini,” terang dia.

Dia, mulai suka dengan sepak bola itu sejak kelas 3 SD dan bergabung ke SSB Harimau Bekonang. Namun, sempat vakum 1-2 tahun dari kelas 4 SD sampai kelas 1 SMP, karena tidak punya uang untuk berlatih. Saat kelas 1 SMP dipanggil oleh SSB Garuda Jaya dan akhirnya tahun 2015 masuk tim Pasoepati Football Academy (PFA).

IMG-20190926-WA0001-pemuda-polokarto-garuda-select

“Keluarga selalu mendukug dan itu menjadi motivasi saya selama ini. Pelatih PFA juga jadi panutan saya, karena berkat polesannya saya bisa seperti ini,” imbuhnya.

Saat di PFA sempat mau ikut seleksi timnas U-16 tapi gagal. Karena usianya belum cukup, baru bisa masuk Garuda Select saat berada di PSS Sleman U-16.

“Saya suka sepak bola memang dari kecil, apalagi kakak-kakak saya juga pemain bola. Bulan Maret kemarin saya gabung di PSS Sleman setelah lolos seleksi.

Dari PFA itu ada dua yang masuk Garuda Select, saya dan Nico Alfrianto warga Baki yang saat ini memperkuat Persija U-16,” tandas dia. (Ari Welianto)

Editor : Budi Sarmun

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini