Baru 26 Tahun, Mampukan Marquez Pecahkan Rekor Agostini?

marc-marquez-juara-dunia-motogp
FOTO/okezone

PRESTASI The Baby, Alien Marc Marquez memang luar biasa. Di usianya yang baru 26 tahun, dia sudah mengoleksi 8 gelar juara dunia, setelah menaklukan Sirkuit Buriram, Thailand, Minggu (6/10).

Dominasi Marquez di MotoGP 2019 sangat jelas. Dia nyaris tak pernah gagal finish di luar posisi dua besar. Hanya saat gagal finish di MotoGP Amerika Serikat. Tak heran bisa gelar juara dunia sudah bisa dipastikan meski balapan masih menyisakan empat seri. Bisa dia menjadi pembalap terhebat sepanjang sejarah MotoGP.

Ada sederet pembalap hebat Moto GP, mulai dari Giacomo Agostini, Angel Nieto, Mike Hailwood, Mike Doohan, hingga Valentino Rossi. Bila ukuran gelar terhebat dihitung dari jumlah gelar juara dunia yang diraih, maka Marquez butuh tiga gelar lagi untuk melampaui rekor Giacomo Agostini yang mengoleksi delapan gelar juara dunia.

Di usianya yang masih sangat muda, sangat mungkin peluang gelar sebagai pembalap terhebat sepanjang sejarah diraih. Bisa jadi itu diraih sebelum usianya mencapai 30 tahun. Namun, ukuran hebat tak hanya dari jumlah gelar.

Semua gelar Marquez diraih dengan menunggangi Honda. Sedangkan sejumlah pembalap lain mampu meraih gelar juara dunia tunggangan berbeda. Agostini meraih juara dunia bersama MV Agusta dan Yamaha, dan Rossi bersama Honda dan Yamaha. Sayangnya, sampai saat ini, Marquez tidak punya alasan pindah dari Honda.

Kemenangan demi kemenangan yang diraih pembalap asal Cervera, Catalunya itu sering frustrasi dan menuduh Marquez membuat persaingan MotoGP membosankan. Bila mau jujur, rival-rival Honda yang tak mampu meningkatkan performa lah yang membuat persaingan kurang menarik. (Mera/cnn)

Editor : Budi Sarmun

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini