Heboh, 3.000 Pesilat Meriahkan Festival Pencak Silat

pencak-silat-klaten
PENDEKAR KEHORMATAN : Ketua IPSI Klaten Much Nasir menyerahkan piagam kepada Bupati Sri Mulyani sebagai Pendekat Kehormatan di GOR Gelarsena Klaten, Minggu (6/10).(suaramerdekasolo.com/Merawati Sunantri)


*Tapak Suci Tampil Sebagai Juara Umum

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Sebanyak 3.000 pesilat menghadiri Festival dan Kejuaraan Pencak Silat Remaja Kabupaten Klaten memperebutkan Piala Bupati Klaten di GOR Gelarsena, Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, Klaten, Minggu (6/10).


Tampil sebagai juara umum Perguruan Tapak Suci dengan meraih 15 emas, 9 perak, dan 11 perunggu. Di urutan kedua Persinas ASAD dengan 13 emas, 6 perak dan 7 perunggu, dan di urutan ketiga Merpati Putih dengan meraih 4 emas, 3 perak dan 12 perunggu.


‘’Kejuaraan pencak silat diikuti 286 pesilat terdiri atas 204 pesilat putra dan 82 pesilat putri telah berlangsung, 4-6 Oktober 2019. Tampil sebagai juara Umum diraih Tapak suci disusul Persinas ASAD dan Merpati Putih,’’ kata Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Klaten, Much Nasir.


Festival yang dimeriahkan defile dari 14 perguruan pencak silat yang ada di Klaten itu dibuka Bupati Sri Mulyani, dihadiri jajaran Forkompimda, Ketua KONI Klaten Parwanto, Ketua Pengprov IPSI Jaeng dan tamu undangan. Acara dilanjutkan dengan penyerahan piala kepada juara umum oleh Bupati.


‘’Dalam Festival kali ini, juga dilakukan pemberian penghargaan dan penyematan kepada bupati sebagai Pendekar Kehormatan Pencak Silat IPSI Klaten yang sekaligus membuka festival dengan pemukulan gong,’’ ujar Much Nasir.

Salah satu panitia Tona Juniarta menambahkan, ada 18 perguruan yang diundang yakni Tapak Suci, Persinas ASAD, Merpati Putih, IKSPI Kera Sakti, PSHM, SP Wasibagno, PSNU Pagar Nusa, Inseba, PSHT, PSCP, Perisai Diri, PBLP, Palwa Sambu, Pelangi Indonesia, Ki Ageng Pandan Alas, Walet Puti, SH Wonongo, dan Setia Hati. Namun, hanya 14 perguruan yang ikut tampil, 4 perguruan lainnya belum bisa ikut berpartisipasi.

Dalam kesempatan itu, Bupati berharap agar pencak silat bisa melahirkan atlet-atlet yang bisa mendulang prestasi internasional dan mengharumkan nama Klaten. Dia memuji beberapa atlet pencak silat Klaten yang sudah berprestasi di berbagai kejuaraan, baik tingkat provinsi, nasional dan internasional.(Merawati Sunantri)

Editor : Budi Sarmun

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini