KONI Perjuangan Pembangunan Klaten Sport Centre Klaten

koni-klaten
SARANA OLAHRAGA : Ketua KONI Jateng Brigjen Purn TNI Soebroto didampingi pengurus KONI Klaten meninjau sarana olahraga di komplek KONI Klaten, Jumat (11/10).(suaramerdekasolo.com/Merawati Sunantri)

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Upaya merealisasikan pembangunan Klaten Sport Centre (KSC) di Kelurahan Gergunung, Kecamatan Klaten Utara, Klaten yang sempat tertunda beberapa tahun, kini kembali giat diperjuangkan oleh KONI Klaten. Salah satunya untuk mendapatkan rekomendasi dari KONI Jawa Tengah.

Sebenarnya, upaya KONI untuk mewujudkan sebuah sarana olahraga terpadu yang diberi nama Klaten Sport Centre itu sudah lama diperjuangkan. Bahkan pengurus KONI yang sudah mendapatkan dukungan dari Bupati Klaten telah mengajukan proposal ke Kementerian Pemuda dan Olahraga. Namun hingga kini belum terealisasi.

Upaya itu diperjuangan sejak Otto Saksono masih menjabat sebagai Ketua KONI Klaten, hingga kini sudah digantikan Ketua baru Parwanto.

Kini pria yang duduk sebagai Dewan Kehormatan KONI Klaten itu turut aktif memperjuangkan berdirinya sarana olahraga terpadu bagi hampir semua cabang olahraga.

‘’KONI Klaten tidak patah semangat untuk berjuang mewujudkan sebuah sarana olahraga yang berstandar internasional. Sarana dan fasilitas sangat mendukung peningkatan prestasi olahraga di Klaten. Saat ini, Klaten memang belum mempunyai sarana olahraga yang standar internasional,’’ tegas Otto Saksono.

Ketua KONI Klaten Parwanto juga menegaskan upayanya meneruskan perjuangan pengurus terdahulu untuk mewujudkan KSC yang akan menempati lahan yang cukup luas di Kelurahan Gergunung.

Semua persiapan sudah dilakukan, termasuk melakukan pendekatan dengan warga di sekitar lokasi.

‘’Kami akan meneruskan perjuangan pengurus terdahulu, agar Klaten bisa segera mempunyai fasilitas latihan yang memadai. Bila terwujud, KSC bisa digunakan untuk menggelar berbagai kejuaraan nasional. Kami sadari hal itu membutuhkan dana yang besar, karenanya pembangunnya bisa dilakukan secara bertahap,’’ tegas Parwanto.

Pembangunan Bertahap

Jumat (11/10), upaya memperjuangkan KSC itu disampaikan kepada Ketua KONI Jawa Tengah Brigjen TNI Purn Soebroto yang berkunjung ke Klaten. Dia sangat mendukung upaya KONI mewujudkan fasilitas olahraga yang baik. Salah satunya dengan pengupayakan anggaan ke pusat.

‘’Sarana olahraga seperti Sport Center yang sudah diperjuangkan KONI Klaten memang sangat perlu untuk peningkatan prestasi. Saya sangat mendukung, bisa dibawa ke Kemenpora. Karena butuh dana besar, pembangunannya bisa dilakukan secara bertahap,’’ kata Soebroto sambil meninjau fasilitas di komplek KONI Klaten.

Kabupaten/kota di Jawa Tengah sudah banyak mempunyai sarana olahraga yang berstandar nasional. Karena Klaten belum mempunyai, maka sebaiknya pembangunan KSC bisa segera dimulai sedikit demi sedikit. Untuk mengejar prestasi perlu tempat latihan yang memadai dan sesuai standar.(Merawati Sunantri)

Editor : Budi Sarmun