130 Karateka Ikuti Gashuku-Ujian Dan, Ajang Regional Lemkari di Donohudan

gashuku-karateka-lemkari
GASHUKU: Seratus tiga puluh karateka Lemkari mengikuti gashuku serta ujian kenaikan Dan di Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali, Jumat-Minggu (11-13/10). (suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

BOYOLALI,suaramerdekasolo.com – Seratus tiga puluh karateka perguruan karate Lemkari mengikuti gashuku serta ujian kenaikan Dan di Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali, selama tiga hari yang berakhir Minggu (13/10). Mereka merupakan para karateka sabuk coklat, hitam, serta Dan I hingga IV yang ingin meningkatkan stratanya.

‘’Peserta terbanyak dari sabuk coklat yang ingin meningkatkan kemampuannya ke sabuk hitam,’’ kata Ketua Pengprov Perguruan Lemkari Jateng, Ibnu Salimi.

Menurutnya, gashuku regional tersebut diikuti para peserta dari berbagai daerah se-Jateng. Kendati demikian, sejumlah karateka dari luar provinsi juga ada yang turut bergabung, seperti sembilan orang dari Jatim, serta masing-masing satu orang dari Jabar, DI Yogyakarta dan DKI Jakarta.

‘’Kegiatan gashuku dan ujian Dan di tingkat regional Jateng merupakan agenda dua tahunan. Tahun 2017 diselenggarakan di  Cepu,’’ tutur pria yang juga Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) Pengkot Federasi Olahraga Karatedo Indonesia (Forki) Solo itu.

Dua Atlet Pelatda

Lima Dewan Guru Lemkari hadir dalam kegiatan tersebut. Mereka adalah Ketua Dewan Guru Suzeiki Haritaning, Sekretaris Hansi Rudy Gunarto, serta anggota Sihan Imron, Rifki dan Eka Asmarawati. Haritaning mengungkapkan, gashuku tersebut sangat penting guna penyeragaman teknik dan gerakan para karateka di lingkup Lemkari.

karateka-lemkari

‘’Anggota kami tersebar hampir di seluruh provinsi di Indonesia. Jumlahnya berkiasar 100 ribuan orang. Terkadang ada pelatih yang mengajarkan jurus kurang rapi, sehingga melalui kegiatan ini kami refresh lagi agar semua seragam,’’ jelasnya.

Salimi menambahkan, para karateka tersebut tidak hanya berkiprah dalam lingkup perguruannya. Namun sebagian juga turut berkompetisi dalam perburuan prestasi olahraga. Menurut dia, saat ini ada dua karateka Lemkari yang memperkuat tim pelatda Jateng proyeksi Pra-PON.

Keduanya adalah Era Septiani dari Solo yang diplot turun di kelas -61 kg putri dan Achten Nungki di kategori beregu putra dari Banjarnegara.‘’Mencermati kemampuannya, saya yakin keduanya mampu merebut tiket bagi tim Jateng pada Pra-PON yang akan diselenggarakan di Istora Senayan Jakarta pada ahir Oktober nanti,’’ tandas Salimi.(Setyo Wiyono)

Editor : Budi Sarmun