Solo Singkirkan Purbalingga di Fase 16 Besar

bola-voli-solo
UMPAN: Sejumlah pemain tim putra bola voli Solo berlatih umpan di Gelanggang Pemuda Bung Karno kompleks Stadion Manahan, beberapa waktu lalu. (suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Kejurprov Yunior Bola Voli Jateng

SOLO,suaramerdekasolo.com – Tim putra Solo menyingkirkan Purbalingga pada fase 16 besar Kejurprov Yunior Bola Voli Jateng di GOR Satria Purwokerto, Rabu (16/10). Tim racikan pelatih Sutrisno Herlambang tersebut unggul 3-0 dalam pertandingan pertama yang telah menggunakan sistem gugur itu.

Membuka kemenangan dengan selisih angka telak, 25-9 di set pertama, anak-anak Kota Bengawan tampil percaya diri. Viko Zulfan Aditya dkk berusaha meningkatkan tekanan pada set kedua, namun Purbalingga juga berusaha memberikan perlawanan sengit. Set itu tetap menjadi milik Solo, 25-18. Sedangkan pada set ketiga, mereka kembali unggul 25-19.

‘’Tampil lepas, membuat anak-anak bermain kian kompak dan bagus, terutama dalam penyerangan. Hal itu yang membuat tim rival agak susah berkembang, meski berusaha memberikan perlawanan keras,’’ kata sang pelatih, Sutrisno.

Pada fase penyisihan, para pemain remaja Solo itu menjadi juara Grup H. Mereka tak pernah kalah dalam tiga pertandingan, yakni melawan Kabupaten Magelang, Jepara dan Salatiga. Pada penyisihan grup, tim memburu dua kali kemenangan setiap laga, sementara di fase gugur tiga kali kemenangan.

Recieved

Kendati menang, Sutrisno melihat masih ada beberapa kelemahan dalam timnya, terutama soal pertahanan dan penerimaan bola pertama atau recieved. ‘’Terkadang blok dan pertahanan di sektor belakang kurang kokoh. Hal itu akan terus kami benahi,’’ ujar dia.

Pria yang juga karyawan Dinas Perhubungan Pemkot Surakarta itu menandaskan, konsentrasinya kini memenangi setiap pertandingan lanjutan hingga mencapai partai final yang akan diselenggarakan pada Kamis (17/10). Dia menekankan kepada awak pasukannya agar kekompakan, kerja sama tim, serta strategi permainan dalam laga-laga lanjutan tidak kendur.

‘’Saya selalu ingatkan agar anak-anak tidak lengah, karena setiap pertandingan sangat menentukan. Jangan pula memandang remeh lawan,’’ tandasnya.

Sementara itu tim putri Solo juga melaju ke babak delapan besar. Sama halnya dengan putra, tim putri besutan pelatih Marwoto tersebut juga membidik tiket menuju final.(Setyo Wiyono)

Editor : Budi Sarmun