Atletik Siapkan 140 Medali Emas, Renang 44 Keping

Atletik-Siapkan-140-Medali-Emas
BERLATIH: Sejumlah perenang pelatnas NPCI berlatih di kolam renang Grup 2 Kopassus Kandangmenjangan, Kartasura, beberapa waktu lalu. Mereka akan turun pada Kejurnas di Solo, Rabu-Minggu (23-27/10).(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Kejurnas Enam Cabang Olahraga Disabilitas

SOLO,suaramerdekasolo.com – Seratus empat puluh nomor lomba disiapkan panitia cabang atletik dalam Kejurnas National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) 2019. Sementara cabang renang memperebutkan 44 medali emas pada ajang yang diselenggarakan di Solo, Rabu-Minggu (23-27/10).

Secara keseluruhan terdapat enam cabang olahraga disabilitas yang digelar bersamaan. Selain atletik dan renang, cabang lain adalah angkat berat, basket 3 on 3, tenis meja dan boccia.

‘’Ada 140-an medali emas yang disiapkan untuk persaingan di arena atletik. Namun nomor-nomor itu bisa menyusut, tergantung jumlah peserta yang mengikuti lomba nanti,’’ kata ketua panitia pelaksana (panpel) atletik, Purwo Adi Sanyoto, Rabu (23/10).

Persaingan nomor-nomor lari, lempar dan lompat itu bakal dilaksanakan di Stadion UNS Surakarta kampus Kentingan. Sesuai skedul yang telah disusun panitia, lombanya dimulai Jumat (25/10) hingga Minggu (27/10). Segala kebutuhan lomba di venue telah disiapkan.

‘’Kalau jumlah pasti peserta baru bisa diketahui setelah klasifikasi disabilitas peserta usai, serta technical meeting, Kamis (24/10) nanti,’’ jelas dia.

Baca: Petembak Sragen dan Solo Ke Paralympic Tokyo 2020

Renang 129 Atlet

Sementara itu, renang akan diselenggarakan di kolam renang Tirtomoyo Manahan. Menurut salah seorang panpel renang, Bhima Kautsar, 44 nomor lomba yang disiapkan tersebut mencakup gaya dada, gaya kupu-kupu, gaya punggung dan gaya bebas. Kendati demikian, pihaknya juga belum bisa memastikan, apakah seluruh nomor tersebut digelar.

‘’Kalau ada nomor-nomor yang pesertanya tidak memenuhi kuota minimal, ya terpaksa tidak digelar. Kepastiannya saat technical meeting nanti,’’ jelas lelaki yang juga pelatih pelatnas renang NPCI tersebut.

Berdasarkan catatan panitia, total terdapat 129 atlet yang akan bersaing di kolam renang Tirtomoyo. Mereka terpilah atas 45 atlet pelatnas NPCI, serta 84 lainnya atlet non-pelatnas.

Purwo Adi menambahkan, para atlet pelatnas proyeksi ASEAN Para Games (APG) Filipina 2019 diperbolehkan turun membela masing-masing provinsinya. ‘’Namun mereka dibatasi, hanya boleh turun di satu nomor lomba. Sebab, salah satu tujuan kejurnas itu demi mencari bibit-bibit baru potensial sebagai persiapan menghadapi event-event internasional berikutnya,’’ jelas dia.(Setyo Wiyono)

Simak: Vita Solo Akhiri Siklus Degradasi dari Divisi Utama

Editor: Budi Sarmun