Lima Fencer Solo Bersiap ke Kejuaraan Asia

klub-anggar-utp
BERLATIH: Sejumlah fencer berlatih di Klub Anggar Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta, beberapa waktu lalu. (suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Usai Genggam Medali di Kejurnas Anggar

SOLO,suaramerdekasolo.com – Lima atlet anggar atau biasa disebut fencer Solo bersiap untuk menghadapi Kejuaraan Kadet dan Yunior Asia 2020. Mereka merupakan atlet-atlet muda yang selama ini memperkuat tim Solo dan Jateng pada berbagai kejuaraan.

Para fencer Kota Bengawan tersebut adalah Yusuf Aprilian, Ichwan Zulkarnain, Dinda Dwi Ariyanti, Putri Faradilah dan Kusuma Jasmine Supraba. Dua nama terakhir, saat ini juga berstatus sebagai siswa Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMPN 1 Surakarta.

‘’Mereka dijaring tim talent scouting atau pencari bakat dari Pengurus Pusat (PP) Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi). Terakhir, pemantauan pada Kejurnas 2019,’’ kata Kabid Pembinaan Prestasi Pengkot Ikasi Surakarta, Hendra Faradilah, Senin (4/11).

Baca : KONI Klaten Bangun Fitness Centre

Baca : Diskusikan Pengelolaan Olahraga, KONI Kabupaten Tegal Ke Solo

Pada Kejurnas Anggar 2019 yang diselenggarakan di Semarang, 15-22 Oktober lalu, para fencer tersebut menembus peringkat tiga besar. Dinda Dwi Ariyanti meraih medali perak nomor sabel yunior perorangan putri dan perak sabel yunior beregu putri, bagi tim anggar Jateng.

Desentralisasi

Selanjutnya, Yusuf Aprilian menyabet medali perunggu floret beregu putra, serta Ichwan Zulkarnain menggenggam perunggu sabel kadet putra dan sabel beregu putra. Sementara itu, Putri Faradilah meraih perunggu floret kadet putri, serta Kusuma Jasmine juga merebut perunggu nomor degen kadet putri.

‘’Kejuaraan kadet dan yunior Asia akan digelar di Jakarta, Februari 2020. Para atlet itu tetap menjalani latihan intensif secara desentralisasi di Solo,’’ tutur Hendra yang juga pelatih Klub Anggar Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta.

Baca : Pelari Putri Gadungan Susupi ‘’Run for Solo 2019’’

Baca : Heboh, 3.000 Pesilat Meriahkan Festival Pencak Silat

Disinggung tentang peluang, pria yang juga pelatih tim anggar Jateng itu mengaku persaingan sangat ketat. Para fencer yang andal biasanya berasal dari beberapa negara seperti Korea, Tiongkok, Jepang, Iran dan Hongkong.

Dia mengungkapkan, sebenarnya ada sepuluh atlet Solo yang merebut medali pada Kejurnas 2019 di Semarang. Selain lima atlet yang terjaring dalam tim Kejuaraan Asia, terdapat lima atlet lain Kota Bengawan.

Mereka yakni Adira Kurniawati (sabel beregu putri), Fasya Misbakhul Anwar (floret kadet pemula putra), Firman Raflesia (degen beregu putra), Hasyim Asdham (floret beregu putra), serta Yulian M Adhitama (sabel beregu putra). Fasya juga tercatat sebagai siswa KKO SMPN 1 Surakarta.(Setyo Wiyono)

Baca : 130 Karateka Ikuti Gashuku-Ujian Dan, Ajang Regional Lemkari di Donohudan

Editor : Budi Sarmun