Tim Boccia Jateng Juara Umum, Atletik Urutan Tiga

Boccia juara umum Peparpenas
TIM BOCCIA: Awak tim dan pelatih boccia Jateng sebelum bertolak mengikuti Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) IX/2019 di Jakarta, beberapa waktu lalu.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Jateng Runner Up Peparpenas IX/2019

SOLO,suaramerdekasolo.com – Tim Jateng yang diperkuat sejumlah atlet pelajar Solo gagal mempertahankan gelar juara umum Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparnas) IX/2019 di Jakarta, Kamis-Rabu (7-13/11). Tim yang dikelola National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Jateng tersebut hanya menempati runner up dengan total raihan 13 medali emas, sepuluh perak dan tiga perunggu, di bawah Jatim yang mengoleksi 20 emas.

Empat cabang olahraga yang diikuti tim itu, hanya boccia yang berada peringkat pertama dengan empat medali emas dan sekeping perak. Total hanya empat nomor yang dilombakan. ‘’Boccia sesuai perhitungan kami, bisa meraih tiga emas. Tapi bulutangkis yang hanya mengirim seorang atlet, kalah di babak penyisihan,’’ kata Sekretaris NPCI Jateng, Priyano, Rabu (13/11).

Emas boccia diraih M Bintang Satria dari nomor individual BC2, M Afrizal Syafa di nomor individual BC1 dan pasangan Bintang/Afrizal di nomor pairs open putra. Sedangkan medali perak direbut Frbriyanti Vani R di nomor individual BC2. Sekeping medali emas lain cabang tersebut digenggam atlet kontingen Riau.

Baca:Tiga Medali Emas Menjadi Bidikan Tim Boccia Pelajar Jateng

Tujuh Emas

Renang yang ditargetkan enam medali emas, hanya mampu mewujudkan tiga emas. Sementara atletik bisa memenuhi target tujuh medali emas, namun tidak bisa menjadi berada di peringkat pertama cabang itu.

‘’Dengan raingan tujuh emas, kami hanya berada di urutan tiga. Juara umum atletik ditempati Nusa Tenggara Timur (NTT), disusul Jatim di peringkat kedua,’’ kata pelatih tim atletik NPCI Jateng, Robby Suryo Bitono.

Atlet pelajar Sragen Yunika Anas Tasya merebut emas di nomor lari sprint 100 meter dan 200 meter klasifikasi T37 putri. Atlet lain yang meraih dua emas yakni M Dimas U di nomor lari 100 meter dan 200 meter T11 putra, serta Iqbal Rizky di nomor sprint 100 meter dan 200 meter T37 putra. Sekeping emas lainnya digenggam atlet pelajar Solo, Zalwa D di nomor lompat jauh T20 putri.

‘’Sebenarnya Zalwa kami andalkan juga untuk nomor lari, tapi dia hanya bisa meraih perak di nomor 100 meter dan perunggu 200 meter T20 putri,’’ tutur Robby yang juga guru SMK Veteran 1 Sukoharjo itu.(Setyo Wiyono)

Simak: Menang Telak Atas Caroline, Vita Solo Memenuhi Janji

Simak Juga:Awak Pelatnas Para Triathlon Gapai Progres Positif di Bali

Editor: Budi Sarmun