Menpora Pompa Semangat Buru 100 Medali Emas APG Filipina

Menpora-Pompa-Semangat-Buru-100-Emas-APG-Filipina
GENGGAM TANGAN: Menpora Zainudin Amali bergenggam tangan dengan Presiden NPCI Senny Marbun, bersama pengurus lain NPCI usai pertemuan di Hotel Lorin D’wangsa Solo, Rabu (20/11).(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Cek Pelatnas NPCI di Solo

SOLO,suaramerdekasolo.com – Menpora Zainudin Amali mengecek langsung persiapan National Paralympic Committe Indonesia (NPCI) dalam menghadapi ASEAN Para Games (APG) Filipina 2019 yang akan digelar Januari 2020. Usai meninjau pelatnas tenis meja di Hartono Trade Center Solo Baru, Sukoharjo, dia bertemu dengan ratusan atlet lain yang menjalani training camp (TC) di Solo, Rabu (20/11).

‘’Saya tidak ingin hanya menerima laporan, tapi juga mengecek langsung. Sejauh ini tak ada persoalan. Yang juga penting, semangat dan mental untuk jadi juara, sehingga bisa memujudkan target 100 medali emas di Filipina,’’ kata Zainudin dalam pertemuan di Hotel Lorin D’wangsa.

Dia menandaskan, sebaik apapun teknik dan strategi lomba atau pertandingan, tetapi jika mental dan daya juang atlet tidak bagus, maka hasilnya tidak maksimal. ‘’Jadi jangan takut bersaing menghadapi atlet negara-negara lain,’’ tegasnya.

Baca:Rekor Dunia Evi Pacu Semangat Awak Pelatnas APG 2019

Simak:Para Cycling Terus Mantapkan Performa Hadapi APG Filipina

Tiga Ratus Atlet

Tiga ratus atlet menghuni pelatnas sejak Mei lalu. Mereka akan bersaing pada 16 cabang olahraga dalam pesta olahraga difabel Asia Tenggara itu. Yakni atletik, renang, bulu tangkis, tenis meja, catur, panahan, boccia, goal ball, para triathlon, blind judo, balap sepeda. Selain itu angkat berat, basket kursi roda, voli duduk, ten pin bowling dan sepak bola celebral palsy (CP).

Presiden NPCI Senny Marbun mengatakan, target pada pesta olahraga disabilitas terbesar se-Asia Tenggara adalah mempertahankan gelar juara umum dengan bidikan 100 medali emas, 83 perak dan 69 perunggu. ‘’Saya yakin, target itu bisa dipenuhi, demi harkat dan martabat Indonesia. Andalannya seperti renang, atletik, tenis meja, bulu tangkis dan lainnya. TC enam bulan lebih telah membuat para atlet siap memenangi persaingan melawan negara-negara lain,’’ tandas dia.

Menpora menambahkan, pemerintah memfasilitasi dan mendukung perburuan prestasi para atlet pelatnas NPCI. Disinggung soal bonus, dia juga menyebut telah ada aturan tentang penghargaan bagi para atlet peraih medali nanti. Patokannya sama dengan APG sebelumnya.

‘’Motivasi bukan cari duit, tetapi mengharumkan nama negara, mengibarkan Merah-Putih di negeri orang,’’ tandas Senny Marbun.(Setyo Wiyono)

Baca Juga:Tim Yunior Voli Solo Diproyeksikan untuk Porprov Jateng

Simakk Juga:Pemanjat Pemula Solo Diasah untuk Hadapi Sirkuit

Editor: Budi Sarmun