Tim Yunior Voli Solo Diproyeksikan untuk Porprov Jateng

Tim-Yunior-Voli-Solo
ASAH SPIKE: Sejumlah atlet voli putri Solo mengasah kemampuan spike dalam latihan di Gelanggang Pemuda Bung Karno kompleks Stadion Manahan.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Solo Mulai Siapkan Atlet Remaja

SOLO,suaramerdekasolo.com – Tim putri Vita Solo kandas pada babak delapan besar Kejurnas Bola Voli Antarklub U17 di Bandung, pekan lalu. Meski tak mampu menembus final, namun skuad yang diperkuat para pelajar putri Kota Bengawan tersebut diproyeksikan untuk menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng.

‘’Tak hanya tim putri, tetapi tim putra yunior juga menjadi kerangka tim proyeksi jangka panjang pada Porprov 2022 mendatang. Tentu akan ada banyak pembenahan nanti,’’ kata Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Pengkot Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Surakarta, Agus Suyanto, Selasa (19/11).

Pilihan itu diambil karena para awak tim Porprov 2018 telah melampaui batas usia 23 tahun pada pesta olahraga terbesar se-Jateng, tiga tahun lagi. Menurut Agus yang juga pelatih tim voli putri Kota Bengawan, hanya spiker Ersandrina Devega ‘’Caca’’ Salsabila yang diperhitungkan masih memenuhi batasan usia untuk cabang voli indoor itu. Maka butuh atlet-atlet muda yang bakal digembleng sejak awal untuk menjadi tim Solo pada masa mendatang.

Simak:Para Cycling Terus Mantapkan Performa Hadapi APG Filipina

Baca:Karisma Evi dan Saptoyoga Bertekad Buru Emas ke APG 2019

Tingkatkan Performa

Tim Vita U17 gagal melangkah ke semifinal kejurnas, setelah ditundukkan tuan rumah Kharisma Bandung, 0-3 di partai delapan besar. Namun sebagian besar awak skuad tersebut telah turut memperkuat tim PBVSI Solo meraih gelar juara pada Kejurda Voli Yunior di GOR Satria Purwokerto, 13-17 Oktober lalu.

Sementara tim putra yunior juga meraih juara ketiga pada kejurda yang sama. Bahkan empat atlet putra, yakni Viko Zulfan Aditya (toser/setter), Gilang Firmansyah (quicker), Ridwan Yordani (allround), serta Aria Diva Wiratama (libero), kemudian direkrut untuk memperkuat tim Jateng pada Kejurnas Voli Yunior di GOR Bulungan Jakarta, 3-9 November lalu.

Guna meningkatkan performa, para atlet remaja tersebut mulai dilibatkan dalam latihan bersama tim senior yang dilakukan rutin di Gelanggang Pemuda Bung Karno, kompleks Stadion Manahan. ‘’Latihan bersama bakal mempercepat keberanian para atlet muda dalam bermain. Mental mereka juga akan lebih berkembang,’’ ujar Agus yang juga guru SMAN 1 Surakarta.(SEtyo Wiyono)

Simak Juga:Genggam Tiga Emas, Sembilan Pesilat Jateng Lolos Pra-PON

Baca Juga:Fencer Solo Mendominasi Kejurprov Anggar Jateng

Editor: Budi Sarmun