Pebalap Solo dan PPLOP Bakal Kawal Balapan

Pembalap-Solo-dan-PPLOP-Bakal-Kawal-Balapan
ASAH KEMAMPUAN: Sejumlah pembalap Solo dan atlet PPLOP Balap Sepeda Jateng mengasah kemampuan bersama dalam latihan di daerah Karanganyar.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Cek Rute Tour de Ortopedi ke Lawu

SOLO,suaramerdekasolo.com – Para pembalap sepeda Solo dan atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLOP) Jateng yang bermarkas di Punggawan, Banjarsari, bakal mengawal ajang sepeda Tour de Ortopedi Surakarta, 14 Desember mendatang.

Mereka telah turut melakukan pengecekan rute dari Rumah Sakit Ortopedi Prof Soeharso Surakarta menuju lereng gunung Lawu di daerah Karanganyar, Sabtu (23/11).

‘’Anak-anak akan terlibat sebagai route captain, guna mengawal para peserta balapan pada rute sekitar 100 kilometer itu. Mereka sudah melakukan cek rute,’’ ungkap pelatih Pengkot Ikatan Sport Seluruh Indonesia (ISSI), Agus Sadiyanto, Minggu (24/11).

Dia menyebutkan, sejumlah pembalap Kota Bengawan yang menjadi pengawal peserta lomba di antaranya atlet kawakan Endra Wijaya, lalu Andriyan Hidayat, Shindu Ardiyanto dan pembalap putri Annisa Destein Cindy Qiawati. Para atlet PPLOP Jateng juga diminta turut membantu mengawal. Selain Shindu yang juga atlet Solo, pembalap lain PPLOP Jateng yakni Rifyal Nurhasifa (Klaten), Muhammad Hanif (Pekalongan), Bagus Abel Tasman (Cilacap), Farhan Hilal Cipta (Tegal).

Baca:Uji Coba, Tim Pelatnas Sepak Bola CP Tampil Impresif di Korea

King of Mountain

Agus yang juga pelatih PPLOP Balap Sepeda Jateng itu mengungkapkan, pada ajang tersebut juga diselenggarakan perebutan gelar juara tanjakan atau King of Mountain (KoM). Arena lombanya di rute tanjakan mulai ruas pertigaan Sekipan Tawangmangu hingga The Lawu Park.

‘’Jaraknya tanjakan tempuh untuk perebutan gelar KoM itu sekitar lima kilometer, namun elevasinya cukup tinggi,’’ tambah Agus Sadiyanto.

Ajang tersebut rencananya mengambil start di RS Ortopedi Prof Soeharso Surakarta, melewati Jalan Slamet Riyadi, Pasar Gede, Warungpelem ke kanan hingga Jurug. Setelah itu melewati fly over Palur menujur Karanganyar, perempatan Bejen ke arah Mojogedang.

Selanjutnya para peserta melewati jalur tanjakan ke Karangpandan serta finish di Pondok Asri Tawangmangu, bagi para peserta secara umum. Tapi bagi para pembalap prestasi, dilanjutkan dengan adu kebut tanjakan untuk memperebutkan KoM di pertigaan Sekipan menuju pertigaan The Lawu Park.(Setyo Wiyono)

Simak: Pemanjat Pemula Solo Diasah untuk Hadapi Sirkuit

Editor: Budi Sarmun