UNS Kini Miliki Senam Khusus, Namanya Senam Semar

UNIVERSITAS Sebelas Maret (UNS) Surakarta kini memiliki senam khusus yang diberi nama Senam Semar.

Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho adalah yang berinisiatif agar kampus negeri terbesar di Solo dan sekitarnya itu memiliki senam yang menjadi ciri khas.

“Jadi kami sudah membuat surat edaran bahwa di lingkungan UNS setiap Hari Jumat mulai pukul 06.30 hingga 08.00 WIB digelar senam. Namun setiap kali saya keliling ke berbagai fakultas, gerakan senamnya berbeda-beda sesuai selera masing-masing fakultas,” kata Rektor.

Dari situlah, lanjut Prof Jamal, pihaknya kemudian meminta Fakultas Keolahragaan (FKOR) UNS untuk menciptakan gerakan dan diberi nama Senam Semar.

Senam tersebut lanjut Rektor nantinya bisa dipakai di setiap fakultas, lembaga, unit, Program Studi (Prodi), Rumah Sakit (RS) dan sekolah di lingkungan kampus UNS setiap Jumat pagi. Senam Semar ini diluncurkan bertepatan dengan dicanangkannya UNS menjadi Kampus Sehat

Unsur Modern dan Budaya

Senam Semar yang merupakan karya dari Dosen FKOR UNS, Hendrig Joko Prasetyo ini akan dikenalkan oleh para instruktur dari FKOR UNS harus melatih para pelatih senam yang tersebar di lingkungan kampus UNS untuk selanjutnya mengenalkan ada seluruh civitas akademika.

“Kalau sudah dilatih, pelatih-pelatih senam yang di fakultas-fakultas, lembaga, unit dan RS UNS sudah paham mengenai gerakan Senam Semar dan bisa menjadi instruktur di fakultas, unit, lembaga dan RS UNS. Sehingga Senam Semar bisa dipakai baik di pembuka maupun penutup dan menjadi bagian dari senam.

Senam Semar ini sangat bagus karena mengandung beberapa unsur yaitu terdapat unsur modern dan budaya,” ujar Prof Jamal.
Dikemukakan Rektor, pada peringatan Dies Natalis UNS bisa diadakan lomba Senam Semar antar fakultas, lembaga dan unit. (Evie Kusnindya)

Editor : Budi Sarmun