Karateka Lemkari Panaskan Pertarungan di Banjarnegara

Karateka-Lemkari-Panaskan-Pertarungan-di-Banjarnegara
GASUKU: Ratusan karateka Lemkari Jateng mengikuti gasuku dan kenaikan Dan di Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali, beberapa waktu lalu.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Solo Raya Turunkan Ratusan Atlet

SOLO,suaramerdekasolo.com – Para karateka perguruan Lemkari dari wilayah eks-Karesidenan Surakarta bakal memanaskan pertarungan di Banjarnegara, 14-15 Desember mendatang. Mereka akan saling adu tangguh guna memperebutkan medali emas pada ajang Kejurprov Perguruan Karate Lemkari Jateng tersebut.

‘’Target kami, seribu karateka dari berbagai usia mengikuti kejurprov di Banjarnegara nanti. Saat ini sudah lebih dari 400 atlet yang terdaftar sebagai peserta,’’ kata Ketua Pengprov Lemkari Jateng, Ibnu Salimi, Senin (2/12).

Pria asal Reksoniten Solo tersebut menambahkan, jumlah 400 lebih atlet tersebut berasal dari 38 kontingen. Jumlah itu bakal terus bertambah, mengingat pelaksanaan kejurprov memperebutkan Piala Bupati Banjarnegara tersebut digelar masih sekitar dua pekan lagi. Informasi yang dia terima menyebutkan, tuan rumah penyelenggara Banjarnegara akan menurunkan atlet terbanyak yakni sekitar 300 orang.

‘’Mantan tuan rumah ajang serupa tahun lalu, Sukoharjo juga akan mengirimkan 200-an atletnya. Jadi kalau dari wilayah Solo Raya saja, jumlahnya sudah mencapai ratusan. Solo sendiri akan mengirimkan empat tim dengan jumlah atlet sekitar 90 orang. Belum daerah lain,’’ ujar Salimi.

Baca:130 Karateka Ikuti Gashuku-Ujian Dan, Ajang Regional Lemkari di Donohudan

Baca Juga:Joss…Karateka KKO Solo Genggam Emas di Luksemburg

Pesaing Berat

Dia mengungkapkan, khusus Solo terdapat empat ranting Lemkari, yakni SD Takmirul, SD Al Islam, kampus Universitas Muhamadiyah Surakarta (UMS), serta tim cabang Lemkari Surakarta. Semuanya memberangkatkan atletnya.

‘’Pada ajang serupa di Kartasura tahun lalu, Solo yang terdiri atas empat tim tersebut menempati peringkat tiga pengumpulan medali emas. Urutan pertama milik tuan rumah Sukoharjo, serta juara umum Jepara,’’ ungkap dia.

Para karateka Lemkari Jepara dan Sukoharjo, saat ini masih diperhitungkan mempunyai banyak atlet hasil pembibitan dan jago-jago andal. Kedua daerah tersebut tetap dinilai menjadi pesaing terberat dalam perebutan medali nanti.

‘’Kalau bagi kami, semakin ketat persaingan akan semakin bagus. Sebab menunjukkan kemampuan dan performa para karateka Lemkari dari berbagai daerah ternyata sama-sama berkembang. Tentu hal itu bisa jadi kontribusi positif untuk menyumbang atlet di kejuaraan-kejuaraan resmi Federasi Olahraga Karatedo Indonesia (Forki),’’ tuturnya.(Setyo Wiyono)

Simak:Atlet Gantolle Tetap Asah Performa Usai Pra-PON

Simak Juga: Rancang Wall, FPTI Kabupaten Semarang Berkunjung ke Solo

Editor: Budi Sarmun