Laga Latih Tanding, Pelatnas Voli Duduk Bakal Melawat ke Bandung

Laga-Uji-Coba-Voli-Duduk-bakal-melawat-ke-Bandung
GAMES: Sejumlah awak tim pelatnas voli duduk NPCI menjalani games di GOR Baturan, Colomadu. Mereka diproyeksikan menghadapi APG Filipina yang digelar Januari mendatang.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Partai Uji Coba Jelang APG Filipina

SOLO,suaramerdekasolo.com – Tim pelatnas voli duduk National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) yang menjalani training camp (TC) di Solo, bakal terus mengasah kemampuan bertandingnya. Usai try in di Yogyakarta, dua pekan lalu, Purwadi dkk diagendakan melawat ke Bandung.

‘’Rencananya pertengahan Desember nanti, tim pelatnas bakal berlatih tanding melawan tim NPCI Jabar di Bandung. Kami asah terus mental bertanding anak-anak,’’ kata pelatih kepala tim pelatnas voli duduk, Deddy Whinata, Selasa (3/12).

Sekitar satu setengah bulan menjelang ASEAN Para Games (APG) Filipina yang bakal digelar pertengahan Januari 2020, tim tersebut sudah memasuki masa prakompetisi dalam tahapan pelatihan sejak TC, 1 Mei silam. Games internal antarteman memang sering diterapkan dalam latihan rutin di lokasi TC gedung olahraga (GOR) Baturan, Colomadu. Namun simulasi pertandingan antar pemain pelatnas sendiri, dinilai tidak cukup.

Baca:Karateka Lemkari Panaskan Pertarungan di Banjarnegara

Baca Juga:Catatan Waktu Perenang Pelatnas NPCI Kian Bagus

Tim NPCI Provinsi

Tim yang diperkuat sejumlah pemain dari wilayah eks Karesidenan Surakarta seperti Purwadi (Sragen), Murdiyan (Karanganyar) dan Raharjo (Wonogiri) tersebut, pernah beruji coba melawan beberapa tim voli mahasiswa, di antaranya UNS. Tetapi latih tanding voli duduk melawan pemain-pemain normal, juga dinilai kurang tepat.

‘’Kami juga pernah latih tanding versus tim voli duduk NPCI Jateng dan NPCI DIY. Tetapi karena lawan tidak sepadan, maka anak-anak selalu menang 5-0. Perlawanannya kurang kuras, karena mereka merupakan tim provinsi. Tapi tidak apa-apa, yang penting suasana bertanding sering dijalani tim ini,’’ tutur Deddy.

Pria yang juga dosen Fakultas Keolahragaan (FKor) UNS Surakarta tersebut mengaku, Murdiyan dkk pernah sekali menjalani try out. Mereka turut bertarung pada turnamen voli duduk di Korea, Agustus silam. Enam tim menjadi peserta, yakni Indonesia, Korea menurunkan dua tim, Thailand, Malaysia dan Myanmar.

‘’Hasilnya kala itu, tim kami meraih juara ketiga, di bawah tuan rumah Korea yang menjadi juara dan Thailand sebagai runner up. Namun waktu pelaksanaan try out Agustus lalu itu, anak-anak masih dalam masa persiapan umum dalam TC,’’ jelas dia.(Setyo Wiyono)

Simak:Rancang Wall, FPTI Kabupaten Semarang Berkunjung ke Solo

Simak Juga:Atlet Gantolle Tetap Asah Performa Usai Pra-PON

Editor: Budi Sarmun