Kembangkan Kemampuan, Voli Solo Tambah Venue Latihan

Tingkatkan-kemampuan-Voli-Solo-Tambah-venue-latihan
ASAH KEMAMPUAN: Sejumlah atlet muda voli Solo mengasah kemampuannya dalam latihan di Gelanggang Pemuda Bung Karno kompleks Stadion Manahan.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Guna Lebih Meningkatkan Performa Atlet

SOLO,suaramerdekasolo.com – Langkah pengembangan latihan dilakukan kalangan bola voli Solo demi lebih meningkatkan kemampuan atlet-atletnya. Ketua Umum Pengkot Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Surakarta Danang Liestiyanto dan jajarannya pun mencari lokasi alternatif untuk menambah intensitas latihan para atlet Kota Bengawan.

‘’Kami dapat pinjaman gedung lama di daerah Sumber, Banjarsari untuk tambahan tempat berlatih. Memang butuh banyak pembenahan, tapi setidaknya bisa menambah volume latihan bagi tim, selain di Gelanggang Pemuda Bung Karno kompleks Manahan,’’ kata Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Pengkot PBVSI, Agus Suyanto, Rabu (4/12).

Pembenahannya antara lain meliputi sebagian lantai cor yang tidak rata, langit-langit yang perlu ditinggikan, serta melepas kaca cermin yang menempel di sebagian dinding bangunan. Selain itu, sirkulasi udara akan dibersihkan.

‘’Langit-langitnya memang butuh tinggi karena untuk antisipasi pantulan bola. Kami juga perlu memasang lampu besar untuk penerangan latihan, serta karpet lapangan,’’ ungkap Agus yang juga pelatih tim putri klub amatir Vita Solo itu.

Baca: Asah Pebola Voli Remaja, Solo Siapkan Tim SMA

Baca Juga:Lemkari Solo Bakal Kirim Karateka Prestasi dan Festival

Bergantian

Selama ini, tim senior dan tim yunior voli Solo memang berlatih di gelanggang itu. Mereka bergantian menggunakannya dengan para siswa Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMPN 1 Surakarta yang bermarkas di tempat sama.

Tim voli putra dan putri pun bergiliran hari latihan pada malam hari. Saat menghadapi event tertentu, misalnya Livoli Divisi Utama atau kejuaraan besar lainnya, intensitas latihan dianggap kurang. Sebab jadwal penggunaan gelanggangnya sangat padat.

‘’Kalau bibit-bibit pemain yang kecil, tetap berlatih di lapangan Penumping yang merupakan markas klub Vita,’’ jelas Agus.

Lokasi tambahan untuk berlatih tersebut sangat diperlukan, mengingat kurangnya intensitas latihan bagi tim-tim yang diproyeksikan untuk menghadapi berbagai kejuaraan. Saat ini, Pengkot sedang merancang kerangka tim muda proyeksi Pekan Olahraga Provinisi (Porprov) Jateng 2022. Selain itu, sejumlah atlet senior juga harus terus ditempa karena akan memperkuat tim Jateng pada PON Papua 2020.(Setyo Wiyono)

Simak: Meski Tak Digelar di PON, Pembalap Solo Tetap Fokus Berlatih

Editor: Budi Sarmun