Lemkari Solo Bakal Kirim Karateka Prestasi dan Festival

Lemkari-Solo-Bakal-Kirimkan-Karateka-Prestasi-dan-Festival
LATIHAN BERSAMA: Sejumlah karateka Lemkari dari berbagai daerah mengikuti latihan bersama di Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali, beberapa waktu lalu.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Jelang Kejurprov Lemkari Jateng

SOLO,suaramerdekasolo.comLemkari Solo berencana mengirim puluhan karateka pemula dan yunior pada Kejurprov Jateng yang diselenggarakan di Banjarnegara, 14-15 Desember mendatang. Mereka terbagi pada pertarungan di kelompok prestasi dan festival, dalam kejuaraan memperebutkan Piala Bupati Banjarnegara itu.

‘’Perbandingan total karateka dari Solo yang akan turun di klasifikasi festival dan prestasi, mungkin lebih-kurang hampir sama. Sekarang datanya sedang dipastikan, termasuk jumlah atlet yang akan berangkat,’’ kata Ketua Pengcab Lemkari Solo, Agus Muzamil, Rabu (4/12).

Ada empat tim dari lingkup Solo yang rencananya berangkat. Tim tersebut berasal dari ranting SD Takmirul, SD Al Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), serta cabang Lemkari Solo. Diperkirakan total karateka dari empat tim tersebut mencapai puluhan orang.

‘’Mereka mempersiapkan diri dalam latihan rutin di tempat latihan masing-masing. Tidak ada latihan bersama, khusus untuk menghadapi Kejurprov nanti,’’ tambah Agus.

Ketua Pengprov Lemkari Jateng, Ibnu Salimi menjelaskan, kejurprov tersebut memang membagi dua klasifikasi peserta, sesuai jam terbangnya. Kelompok festival diperuntukkan bagi para peserta yang benar-benar pemula, belum pernah mengikuti kejuaraan, apalagi merebut gelar juara.

Baca:Karateka Lemkari Panaskan Pertarungan di Banjarnegara

Baca Juga: Laga Latih Tanding, Pelatnas Voli Duduk Bakal Melawat ke Bandung

Diprediksi Ketat

Sementara klasifikasi prestasi, diperuntukkan bagi para atlet yang telah memiliki pengalaman bertarung di ajang kejuaraan. Persaingan pada kedua kelompok tersebut diprediksi berlangsung cukup ketat, pembinaan Lemkari di berbagai daerah di Jateng saat ini relatif merata.

‘’Kelas festival dipilah lagi atas kelompok SD, SMP dan SMA, dengan pembagian berat badan minus 25 kg dan plus 25 kg. Sedangkan kelas prestasi, seperti biasanya mulai kelompok usia dini, pra pemula dan seterusnya. Mereka dipilah lagi atas putra dan putri,’’ ujar Salimi yang juga Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Pengkot Federasi Olahraga Karatedo Indonesia (Forki) Surakarta itu.

Menurut dia, saat ini jumlah peserta yang sudah mendaftar untuk mengikuti persaingan di Banjarnegara telah berkisar 400 orang dari 38 kontingen. Jumlah tersebut diperhitungkan bakal terus bertambah, karena sebagian besar siswa sekarang sedang menghadapi tes di sekolahnya masing-masing. Pada ajang serupa tahun lalu di Kartasura, jumlah pesertanya mencapai sektiar 780 orang.(Setyo Wiyono)

Simak:Atlet Gantolle Tetap Asah Performa Usai Pra-PON

Editor: Budi Sarmun