Gantolle Jateng Siapkan Alternatif Tempat Berlatih

Gantolle-jateng-siapkan-alternatif-tempat-latihan
TERBANG: Atlet gantolle asal Karanganyar Supardi terbang di ketinggian kawasan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri usai lepas start di Bukit Joglo.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Jika Cuaca Wonogiri Mulai Tidak Bersahabat

SOLO,suaramerdekasolo.com – Para atlet gantolle Jateng yang berada di wilayah Solo Raya mulai menyiapkan alternatif tempat lain untuk berlatih, jika cuaca di Wonogiri mulai kurang bersahabat. Selama ini, para atlet dari Solo, Klaten dan Karanganyar sering mengasah performa dari Bukit Joglo di kawasan Waduk Gajahmungkur Wonogiri.

Namun menjelang musim hujan, kecenderungan arah dan kecepatan angin yang tidak stabil, serta awan rendah, biasanya sering terjadi. ‘’Kami sudah perhitungkan itu. Jadi selama masih bisa terbang di Wonogiri, kami akan tetap latihan di kawasan Gajahmungkur. Tapi kalau sudah sering terjadi cuaca tidak bersahabat, kami akan geser ke daerah lain yang kemungkinan masih bisa digunakan latihan,’’ kata atlet Karanganyar Susetyoko ‘’Stik’’, Jumat (6/12).

Lelaki yang juga Ketua Pengprov Gantolle Jateng itu menambahkan, alternatif tempat latihan adalah di perbukitan kawasan Parangtritis, Bantul, DIY. Karena berada di daerah pantai, biasanya arah dan kecepatan angin di Parangtritis lebih stabil.

BAca: Atlet Gantolle Solo Raya Meraih Tiket Menuju Ke Papua 2020

Towing

Satu alternatif lain yang dibidik yakni di kawasan Cepu, Blora. Jika meningkatkan kemampuan di perbukitan menggunakan sistem start terbang dari bukit, maka di Cepu bakal menggunakan teknik start ditarik atau towing.

‘’Sebisa mungkin, saya dan teman-teman berlatih rutin dua kali dalam seminggu, pada akhir pekan. Kalau Sabtu atau Minggu tidak bisa terbang, ya diganti hari lainnya. Jadi semacam latihan intensif, meski belum menjalani training center (TC),’’ jelas Stik.

Baca Juga: Atlet Gantolle Tetap Asah Performa Usai Pra-PON

Selain dia, sejumlah atlet lain salah satu cabang olahraga dirgantara tersebut turut latihan bersama secara rutin, di bawah pantauan pelatih Oke Adrianto. Mereka antara lain atlet Solo Sulis Widodo, Supardi (Karanganyar) dan Isah Iriawan (Klaten). Latihan rutin itu sekaligus menjadi rangkaian awal bagi mereka guna menghadapi PON Papua 2020. Rencananya, cabang gantolle pada PON mendatang bakal digelar di kawasan Doyo Baru, Sentani, Jayapura.

‘’Pada Pra-PON beberapa waktu lalu, tim Jateng sudah pasti meraih tiga kuota untuk bersaing pada PON mendatang. Jumlah kuota itu mungkin masih bisa bertambah, tapi belum ada keputusan dari Pusat,’’ ungkap Stik.(Setyo Wiyono)

Simak:Strategi Bertanding Sepak Bola CP Bakal Dijajal

Editor: Budi Sarmun