74 Atlet NPCI Jateng Bakal Perkuat Tim Indonesia

sprinter-apg-boyolali
ANDALAN: Sprinter asal Boyolali Karisma Evi Tiarani menjadi salah satu andalan kontingen Indonesia pada ASEAN Paralympic Games (APG) di Filipina, Januari 2020 mendatang. (suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Persiapan Hadapi ASEAN Para Games Filipina

SOLO,suaramerdekasolo.com – Tujuh puluh empat atlet National Paralypic Committee Indonesia (NPCI) Jateng bakal memperkuat kontingen Indonesia pada ASEAN Para Games (APG) Filipina yang digelar Januari 2020. Empat puluh dua orang di antaranya berasal dari Solo Raya. Mereka akan bersaing memburu medali emas pada pesta olahraga disabilitas terbesar se-Asia Tenggara itu.

‘’Tujuh puluh empat atlet Jateng akan turun pada 15 cabang olahraga dalam APG Filipina. Separuh dari mereka memang dari wilayah eks-Karesidenan Surakarta,’’ kata Sekretaris NPCI Jateng, Priyano, Selasa (10/12).

Cabang-cabang olahraga yang mereka geluti adalah atletik, renang, bulu tangkis, tenis meja, voli duduk, panahan, goal ball. Selain itu ten pin bowling, sepak bola celebral palsy (CP), boccia, basket kursi roda, catur, angkat berat, balap sepeda atau paracycling dan triathlon. Para atlet tersebut kini tengah memantapkan performa diri dalam pelatnas APG yang dipusatkan di Solo sejak Mei lalu.

Jadi Andalan

Menurut Ketua Umum NPCI Jateng Osrita Muslim, informasi dari pihak pelatnas menyebutkan rata-rata persiapan para atlet tersebut sudah mencapai kisaran 80-85 persen menuju APG. ‘’Performa puncak diharapkan terjadi saat mereka bertarung di Filipina nanti,’’ ujar Osrita.

Para atlet yang bernaung di bawah NPCI dari wilayah Solo Raya akan bersaing di sejumlah cabang. Berdasarkan data yang disusun NPCI Jateng, tercatat ada tiga atlet Sragen yang turun di ajang angkat berat, yakni Sriyanti, Margono dan Atmaji Priambodo. Di cabang atletik, terdapat seorang atlet Boyolali, seorang atlet Solo dan tiga atlet Karanganyar.

‘’Sprinter dari Boyolali Kharisma Evi Tiarani dan pelari cepat Banyumas Saptoyoga Purnama sudah pasti jadi andalan merebut medali emas,’’ tutur Priyano.
Atlet-atlet Solo Raya lainnya akan bertarung di cabang-cabang bulu tangkis, tenis meja, boccia, ten pin bowling, balap sepeda, triathlon, panahan, renang, sepak bola CP, voli duduk dan bakset kursi roda.(Setyo Wiyono)

Editor : Budi Sarmun