Pesilat Klaten Khoirudin Mustakim, Pelatnas 10 Bulan Berbuah Perak SEA Games

pesilat-klaten

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Upaya Khoirudin Mustakin menjalani ketatnya jadwal latihan pelatnas di Padepokan Pencaksilat TMII ternyata tak sia-sia. Pesilat peraih emas Porprov Jateng 2018 itu bisa mempersembahkan mesali perak umtuk kontingen Indonesia.

Pesilat pendiam dan agak pemalu itu turun di Kelas A putra ( 45 – 50 ) kg.membawa nama Klaten, Jawa Tengah dan Indonesia. Remaja yang terlihat kalem itu bisa mengguanakan teknik yang dipelajari untuk menuju final yang berlangsung 5 Desember 2019 lalu.

”Khoirudin menjalani Pelatnas di Padepokan pencak silat TMII Jakarta, kalau gak salah ingat pemanggilan pelatnas bulan Februari,” kata Pelatih IPSI Klaten, Muhammad Amin Nursin, Rahu (11/12).

Kegigihannya menghadapi lawan-lawannya membawanya be babak perempat final melawan pesilat andalan tuan rumah Filipina Jaciren Uyod Abad, Khoirudin berhasil menang dengan skor 3-2.

Di babak semi final dia bertemu pesilat andalan Malaysia Mohamad Khairi Adie dan menang dengam skor telak 4 – 1. Sayangnya di babak final, dia kurang beruntung saat menghadapi peailat Thailand Nitinai Thamkaeu sehingga kalah 1 – 4.

”Khoirudin menjadi satu-satunya atlet Klaten yang berhasil membawa medali. Ini prestasi yang luar biasa, karena ini merupakan SEA Games pertamanya,” kata Ketua IPSI Klaten Muxh Nasir.

Sekretaris KONI Klaten Tarmuji mengapresiasi prestasi Khoirudin yang dinilainya angat berbakat dan konsiten. Sebelumnya dia meraih emas Porprov Solo 2018 dan menjadi juara dunia yunior sebelum naik ke senior.

”Pencak sikat merupakan salah satu cabang olahraha andalan Klaten. Ke depan diharapkan akan muncul atlet berprestasi dari Klaten,” ujar Tarmuji. (Merawati Sunantri)

Editor : Budi Sarmun