Pengurus IPSI Surakarta Dilantik

ipsi-solo1
DILANTIK : Pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia Kota Surakarta periode 2019-2023 dilantik di Pendhapi Gedhe Balai Kota Surakarta, Sabtu (21/12) malam. (suaramerdekasolo.com/Sri Hartanto)

SOLO,suaramerdekasolo.com – Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Surakarta menggelar acara pelantikan pengurus baru periode 2019-2023 di Pendhapi Gedhe Balai Kota Surakarta, Sabtu (21/12) malam.

Acara tersebut dihadiri Wakil Wali Kota Surakarta, Achmad Purnomo, perwakilan Kapolresta Surakarta, perwakilan KONI Surakarta dan Ketua Harian IPSI Provinsi Jateng serta tamu undangan lainnya.

Acara pelantikan pengurus IPSI juga diikuti oleh para ketua masing-masing perguruan dan ratusan pesilat dari 27 perguruan silat yang tergabung dalam IPSI Surakarta.

Baca : Akhmad Saidah Berjuang Berenang di Laut

Di awal acara, beberapa perguruan seperti Waspada Mataram, Walet Puti, Tapak Manunggal, Angga Utama Yasa, IKS PI dan Pagar Nusa menampilkan Jurus Khas seni pencak silat didepan seluruh tamu undangan yang hadir.
Total 61 orang Pengurus IPSI Surakarta dilantik oleh Ketua Harian IPSI Jawa Tengah Darmadi.
Setelah terpilih kembali menjadi Ketua IPSI Surakarta, Sri Kalono menyampaikan berbagai harapan kedepan.

“Semoga 4 tahun kedepan, kebersamaan dan kerukunan diantara kita bisa terus terjaga dan menjadi contoh dari kota dan kabupaten yang lain. Oleh karena itu, visi kita empat tahun kedepan adalah “Rukun Agawe Santoso, Prestasi Agawe Happy”.

Pada kepengurusan sebelumnya, IPSI Surakarta telah mencapai prestasi yang cukup gemilang. Sebanyak 3 dari 9 atlet PON Provinsi Jateng berasal dari IPSI Surakarta, dan merupakan jumlah yang paling banyak diantara kota dan kabupaten lain di Jateng.

ipsi-solo2

Baca : Koni Brebes Saling Tukar Pengalaman Ke Koni Klaten

Ditambah Sri Kalono, pada PORPROV Jateng Tahun 2018, kontingen IPSI Surakarta berhasil menjadi juara umum di cabang olahraga Pencak Silat dengan perolehan 7 medali emas dan 2 medali perak.
Adapun acara pelantikan ditutup dengan penampilan Pencak silat kolaborasi Harmoni Kerukunan yang ditampilkan oleh pesilat muda dari Tapak Suci Putera Muhammadiyah Abil Hasan Syadzily dan LPS NU Pagar Nusa Tasya Azarine yang merupakan kakak beradik.

Penampilan itu merupakan pencerminan dari “Rukun Agawe Santoso, Prestasi Agawe Happy”, meskipun berasal dari perguruan dan ajaran yang berbeda, namun tetap bisa rukun dan bersama-sama mengukir prestasi.

Baca : Stadion Kebo Giro Boyolali Dibangun Berstandar FIFA

Burhannudin Hilal selaku Wakil Ketua IPSI Solo dan ketua panitia mengambil konsep yang berbeda dalam pelantikan tersebut yaitu semua tamu duduk lesehan ala pendekar zaman dahulu yang sedang duduk berkumpul di sebuah Joglo, makanan yang di sajikan juga makanan khas Jawa tempo dulu dengan tempat tampah anyaman bambu.

Hal itu sekaligus untuk membuktikan bahwa 27 Perguruan Pencak Silat di kota Solo selalu berkumpul dengan rukun dan damai baik dari seluruh Ketua maupun para pesilatnya.
Komposisi Struktur Dijelaskan Burhannudin, kepengurusan IPSI Surakarta kali ini memang berasal dari seluruh perguruan silat Anggota IPSI Surakarta. (Sri Hartanto)

Baca : HUT 73 PSIK, Semua Rindu Kejayaan PSIK

Editor : Budi Sarmun