Tim Sepak Bola Putri UNS Meraih Juara, Sepak Bola Wanita Antarklub

sepak-bola-putri-uns
FOTO ILUSTRASI

SOLO,suaramerdekasolo.com -Tim sepak bola putri Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo meraih juara dalam pertandingan Sepak Bola Wanita Antar klub. Kejuaraan yang diselenggarakan Askot PSSI Kota Surakarta iqtu berlangsung di Lapangan Kota Barat, Solo, Senin-Selasa (23-24/12).
Tim sepak bola putri UNS merebut gelar kampiun setelah menundukkan Putri Surakarta FC di babak final dengan skor 3-1.
Turnamen tersebut diharapkan menjadi momentum positif perkembangan sepak bola wanita di Kota Solo. Kejuaraan antar klub itu diikuti empat peserta yaitu UNS, Putri Surakarta FC, Ratu Kota Temanggung FC, dan Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Solo.
Kejuaraan menggunakan sistem gugur,
pada laga perdana, UNS yang bertemu Ratu Kota Temanggung FC dengan kedudukan imbang dengan skor. Dalam adu pinalti, tim UNS mengalahkan Ratu Kota Temanggung dengan skor 4-1.
Pada babak berikutnya, tim UNS bertemu Putri Surakarta FC yang sebelumnya dapat mengalahkan UTP Solo dengan skor telak 6-0.
Pada laga tersebut, UNS mampu mendominasi pertandingan hingga mampu mencetak tiga gol melalui Ellen (duagol) dan Wanti (satugol). Putri Surakarta FC hanya mampu membalas dengan satu gol melalui Maya.
Atas kemenangan tersebut, tim UNS mampu meraih juar Piala KONI Kota Surakarta dari Askot PSSI Surakarta. “Selamat atas tim UNS yang mampu mengalahkan tim lainnya,” jelas Kabid Kompetisi Askot PSSI Surakarta, Chaidir Ramli, Rabu (25/12).
Manajer tim UNS Putri, Rumi Iqbal Doewes, mengatakan sepak bola putri memang menjadi binaan sepak bola UNS. Para pemain rata-rata kerap bermain futsal.
Dosen FKOR UNS Surakarta itu menilai tim internal Persis seharusnya juga memiliki tim sepak bola putri. Selain liga untuk Divisi I dan Divisi II, Askot PSSI Solo hendaknya juga menggulirkan liga sepak bola putri.
Menurutnya, tidak menutup kemungkinan ke depan Persis Solo menembus Liga 1 Indonesia, para pemain sepak bola putri di kompetisi internal Askot PSSI Solo bisa dimasukkan untuk berlaga di Liga 1 sepak bola putri.
“Solo sebenarnya punya sejarah sebagai bank pemain untuk sepak bola putri seperti Putri Mojolaban. Kalau bisa, kita jadi pusat Jateng untuk sepak bola putri,” paparnya. (Sri Hartanto)

Editor : Budi Sarmun