Bidik IWAS Jadi Ajang Uji Coba Pelatnas Para Cycling

Bidik-IWAS-untuk-uji-coba-pelatnas-para-cycling
LATIHAN DI VELODROME: Sejumlah pembalap pelatnas para cycling memacu sepedanya dalam latihan di velodrome Manahan Solo.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Try Out Guna Hadapi APG Filipina

SOLO,suaramerdekasolo.com – Tim pelatnas para cycling Indonesia tak hanya meningkatkan performa para atletnya dalam training camp (TC) di Solo. Para pembalap difabel dalam naungan National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) itu rencananya juga bakal dites performanya dalam ajang International Wheelchair and Amputee Sports (IWAS) di Thailand, Februari mendatang.

‘’Kami belum bisa memastikan siapa saja yang akan berangkat. Tapi sepuluh pembalap pelatnas, saya ajukan semuanya ke NPCI untuk bersaing ke IWAS,’’ kata koordinator sekaligus pelatih pelatnas para cycling, Fadilah Umar, Rabu (8/1).

Event tersebut bakal digunakan sebagai ajang uji coba para atlet, sebelum mereka bertarung pada ASEAN Para Games (APG) 2020. Di samping itu, guna mengetahui perkembangan terkini para pesaing di arena pesta olahraga disabilitas se-Asia Tenggara di Filipina, Maret mendatang. Sebab, sebagian pembalap negara tetangga diperkirakan juga memanfaatkan IWAS sebagai ajang try out.

‘’Jadi bisa mengetes kemampuan para pembalap NPCI, sekaligus mencermati para atlet pesaing, sebelum benar-benar berkompetisi di APG Filipina,’’ ujar Umar yang juga dosen Fakultas Keolahragaan (FKor) UNS Surakarta itu.

Solo Raya

Sepuluh pembalap dengan klasifikasi disabilitas berbeda digembleng dalam TC pelatnas NPCI di Solo, sejak Mei silam. Tiga di antara mereka merupakan atlet-atlet dari Solo Raya, yakni Wagiyo (Karanganyar), Iwan Susanto (Boyolali) dan Slamet Kardiman (Sragen).

Para pembalap lain berasal dari berbagai daerah di Tanah Air. Mereka adalah Muhammad Fadli Imammuddin, Sufyan Saori, Marthin Lossu, Saipul Anwar, Habib Shaleh, Tryagus Arief dan Mian Sirait. Latihan tim yang dibantu asisten pelatih Erick Suprianto dan Rizan Setyo Nugroho, serta teknisi Diwan Fiar Pradana itu ditargetkan meraih minimal satu medali emas pada APG Filipina.

Salah seorang pembalap andalan, Fadli Imammuddin menyatakan kesiapannya dalam setiap event, terutama dalam menghadapi APG. ‘’Saya akan berusaha tampil sebaik mungkin. Teman-teman lain saya raya juga akan berusaha total. Tentu harus berjuang keras untuk mencapai prestasi yang terbaik,’’ tandasnya.(Setyo Wiyono)

Editor:Budi Sarmun