Tingkatkan Pembinaan, Voli Solo Tambah Arena Latihan

Tingkatkan-pembinaan-voli-solo-tambah-arena-latihan
RENOVASI: Sejumlah pekerja melakukan renovasi gedung yang akan digunakan sebagai tempat latihan Pengkot PBVSI Surakarta di kawasan Sumber, Solo, Kamis (9/1).(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Renovasi Gedung Pinjaman di Sumber

SOLO,suaramerdekasolo.com – Pembinaan atlet-atlet voli di Solo bakal semakin intensif. Sebab, Pengkot Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Surakarta kini telah mendapat pinjaman gedung di Jalan Ki Mangun Sarkoro kawasan Sumber, Banjarsari.

‘’Gedungnya sedang direnovasi, biayanya ‘urunan’. Mudah-mudahan sebulan ke depan sudah rampung, sehingga bisa segera digunakan latihan,’’ kata Wakil Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengkot PBVSI, Agus Suyanto, Kamis (9/1).

Bagian dalam gedung yang terlihat agak lama tidak digunakan tersebut, kini mulai dicat. Lantai yang bergelombang di beberapa bagian akan dipoles agar rata. Lampu-lampu penerangan juga akan dipasang di sejumlah titik. Selain itu, segera dilakukan pembersihan dan penataan di lingkungan sekitar gedung.

‘’Memang gedung itu relatif sempit untuk voli. Panjangnya cukup, tapi lebarnya hanya sekitar 11 meter. Tinggi ruangannya juga pas-pasan. Padahal ukuran lapangan voli indoor 9 x 18 meter. Kami akan siasati kondisinya, yang penting bisa untuk meningkatkan latihan,’’ tutur Agus yang juga pelatih tim putri klub amatir Vita Solo.

Baca:Tiga Pebola Voli Vita Solo Menuju ke Proliga 2020

Baca:Vita Solo Kandas di Delapan Besar Kejurnas Voli Antarklub U17

Susun Jadwal

Guru SMAN 1 Surakarta itu menjelaskan, jika renovasi rampung, maka jadwal berlatih akan kembali disusun. Latihan para atlet senior dan yunior bisa dilakukan setiap hari. Selama ini, awak tim putra dan putri hanya bisa berlatih giliran, masing-masing tiga kali dalam sepekan di Gelanggang Pemuda Bung Karno kompleks Stadion Manahan.

‘’Kalau ada tambahan tempat latihan baru, jadwal mereka bisa dimaksimalkan jadi setiap hari. Sehingga kalau ada program, misalnya guna menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng, latihannya bisa lebih intensif,’’ ujar Agus.

Bibit-bibit atlet berusia di bawah 13 tahun pun dapat dijadwalkan di gedung itu. Harapannya, mereka bisa lebih awal memulai berlatih di dalam ruang. Sebab, suasana dan konsentrasi berlatih di luar dan dalam gedung, menurut dia sangat berbeda.

‘’Selama ini, bibit-bibit atlet U-13 tersebut banyak ditempa di lapangan terbuka Vita, kawasan Penumping. Kalau musim hujan seperti sekarang, tentu latihan rutinnya terganggu,’’ ungkap dia.(Setyo Wiyono)

Simak:Pelatda, Lima Takwondoin Solo Raya Ditempa di Semarang

Simak:Bidik IWAS Jadi Ajang Uji Coba Pelatnas Para Cycling

Editor:Budi Sarmun