Jaga Fisik, Voli Duduk Tetap Tingkatkan Teknik

Jaga-Fisik-Voli-Duduk-Tetap-Tingkatkan-Teknik
LATIHAN PASSING: Para awak tim pelatnas voli duduk NPCI menjalani latihan passing di gedung olahraga Baturan.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Persiapan Hadapi APG Filipina 2020

SOLO,suaramerdekasolo.com – Program teknik dan strategi bertanding tim pelatnas voli duduk mulai Januari lalu, kembali ditingkatkan. Penerapan materi tersebut mencapai 50 persen, sementara penjagaan fisik 30 persen dan mental bertarung 20 persen.

‘’Sekarang kembali ke fase persiapan khusus. Tapi pada awal Februari nanti, mereka bakal masuk tahap pra kompetisi, sehingga komposisi program teknik dan fisik turun jadi 30 persen dan mental duel didongkrak hingga 40 persen,’’ kata pelatih tim pelatnas voli duduk National Paralympic Committee Indonesia (NPCI), Deddy Whinata, Senin (13/1).

Sebelas atlet menghuni pelatnas yang menjalankan training camp di Solo sejak Mei silam itu. Mereka ditargetkan menembus peringkat tiga besar pada ASEAN Para Games (APG) Filipina yang rencananya digelar 20-28 Maret mendatang. Thailand diprediksi menjadi rival tertangguh pada pertarungan di cabang itu.

‘’Tentu kami ingin bersiap semaksimal mungkin, agar tim bisa tampil bagus dalam pertandingan-pertandingan di Filipina mendatang. Selain Thailand, tim tuan rumah pasti juga tak ingin kalah pada pesta olahraga disabilitas Asia Tenggara nanti,’’ ujar Deddy.

Pertahanan

Tim pelatnas voli duduk itu diperkuat beberapa atlet dari eks Karesidenan Surakarta. Selain Murdiyan dan Raharjo (Solo), skuad yang selama ini bermarkas di gedung olahraga Baturan tersebut juga diperkuat pemain asal Sragen, Purwadi. Mereka menjalani latihan pematangan teknik, seperti recieved atau penerimaan bola pertama, passing dan spike.

Tak hanya itu. Pertahananan juga menjadi fokus dalam setiap latihan, di antaranya menyangkut kerapatan blok dan bertahan di lini belakang. ‘’Latihan ketenangan dalam melakukan recieved sangat penting, karena menjadi awal untuk membangun serangan balik ke lawan. Materi tersebut selalu kami tekankan dalam latihan,’’ ujar Deddy.(Setyo Wiyono)

Editor: Budi Sarmun