Delapan Cabang Bakal Try Out ke Thailand

delapan-cabang-bakal-try-out-ke-thailand
LEMPAR LEMBING: Atlet pelatnas NPCI Yohanes Bili melemparkan lembing dalam latihan di Stadion UNS Surakarta. Dia termasuk atlet yang akan dikirim ke IWAS World Games di Thailand, Februari.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Intip Kekuatan Lawan di Gelaran IWAS

SOLO,suaramerdekasolo.com – Atlet-atlet pelatnas National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) dari delapan cabang olahraga bakal melakoni try out ke Thailand. Partai uji coba itu memanfaatkan gelaran International Wheelchair and Amputee Sports (IWAS) World Games 2020 di Negeri Gajah Putih, 20-28 Februari mendatang.

‘’Tak ada target khusus perburuan medali di IWAS, karena merupakan bagian try out pelatnas yang proyeksi utamanya untuk menghadapi ASEAN Para Games (APG) Filipina 2020,’’ kata Ketua Umum NPCI Senny Marbun, Rabu (22/1).

Para awak pelatnas yang akan berlaga uji coba tersebut juga menjalani latihan rutin seperti biasa. Menurut Wakil Sekjen NPCI Rima Ferdianto, tidak ada penambahan materi-materi khusus. Delapan cabang yang akan memberangkatkan atletnya adalah atletik, renang, tenis meja, bulu tangkis, angkat berat, menembak, balap sepeda atau para cycling dan panahan.

‘’Kalau jumlah atletnya, saat ini masih dalam proses rekapitulasi berdasarkan pengajuan dari masing-masing cabang,’’ tutur Rima.

Baca:Atlet Angkat Berat Buru Tiket Paralympic ke IWAS

Baca:Balap Sepeda Bakal Intensifkan Latihan di Velodrome

Kekuatan 70-80 Persen

Dia menegaskan, IWAS menjadi bagian skedul uji coba bagi para atlet pelatnas Merah-Putih. Karena itu, kekuatan yang diturunkan bukan dalam kemampuan penuh. Hanya dalam kisaran 70-80 persen.

‘’Jadi atlet atau pelatih tidak harus ngotot banget dalam bersaing di IWAS, karena menjadi ajang uji coba. Kami sekaligus akan memanfaatkan ajang tersebut guna mengintip perkembangan kekuatan tim-tim lawan di APG Filipina nanti,’’ ujanya.

Selain Indonesia, beberapa negara yang akan mengikuti APG diperkirakan juga menurunkan atletnya untuk beruji coba di IWAS. Informasi yang dia terima menyebutkan, sejumlah negara tetangga yang memastikan diri bersaing di Negeri Gajah Putih yakni tim tuan rumah Thailand, Malaysia, Singapura dan Vietnam.

Rima menambahkan, sebenarnya ada satu cabang lagi yang berencana turut uji coba ke Thailand, yakni pelatnas voli duduk. Tapi kemungkinan besar tim itu urung berangkat.

‘’Voli duduk tidak jadi turut berangkat ke IWAS, karena jumlah tim pesertanya sedikit. Mungkin kurang dari empat tim peserta,’’ ungkapnya.(Setyo Wiyono)

Simak:Fadli Buru Tiket Individual Para Cycling Paralympic 2020

Editor:Budi Sarmun