Tim Karate Popda Solo Bakal Melawat ke Malang

tim-karate-popda-solo-bakal-melawat-ke-malang
BERLATIH: Sejumlah karateka berlatih di kompleks Stadion Manahan Solo. Beberapa di antara mereka akan bertanding pada kejuaraan terbuka di Malang, Sabtu-Minggu (25-26/1).(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Try Out pada Kejaraan Terbuka Piala Dandim

SOLO,suaramerdekasolo.com – Sejumlah awak tim karate Solo yang diproyeksikan untuk menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) 2020, berencana melawat ke Malang. Mereka yang digembleng di dojo Federasi Olahraga Karatedo Indonesia (Forki) Surakarta kompleks Stadion Manahan tersebut, bakal turut bersaing pada kejuaraan terbuka yang digelar di Kota Apel itu.

Ajang terbuka memperebutkan Piala Dandim 0818 Kabupaten Malang dan Kota Batu itu bakal digelar di GOR Gajahmada Batu pada Sabtu-Minggu (25-26/1). Tiga kelompok pertandingan digelar, yakni antara pelajar, mahasiswa dan umum se-Jawa-Bali.

‘’Memang tidak seluruh awak tim Popda berangkat ke Malang. Ada enam atlet SMP dan dua anak SD yang akan bertanding. Kami sekaligus memanfaatkan ajang tersebut sebagai try out,’’ kata pelatih tim karate Popda Solo, Agus Muzamil, Kamis (23/1).

Para atlet pelajar itu direncanakan bersaing di arena pertarungan atau kumite dan keterampilan jurus atau kata. Pertarungan di Malang diharapkan kian mematangkan teknik, strategi dan mental bertanding para atlet, sebelum bertarung dalam kualifikasi Popda eks Karesidenan Surakarta, akhir Februari mendatang.

Tingkatkan Jam Terbang

Karateka pelajar Solo yang akan berangkat adalah Luvena Milano Setiyaka yang akan turun di nomor kata dan kumite -50 kg putri, Mareta Wisnu Arief Wicaksono (kumite +45 kg putra), Fahmi Afif Rasyad (kumite +55 kg putra), Kaila Ramadani (kumite -45 kg putri) dan Salwa Alya Ersatama (kumite -40 kg putri). Mereka merupakan atlet-atlet karate Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMPN 1 Surakarta.

Seorang karateka lainnya yang berkompetisi di kategori SMP adalah Aisyah Nihayah. Pelajar putri tersebut akan bertarung di kumite +50 kg dan nomor kata perorangan. Sementara itu ada dua atlet yang akan turun di kelompok SD. Nandana Putra Purnama akan bersaing di nomor kumite -35 kg dan kata perorangan, serta Lunetta Auraly Setiyaka di nomor kata perorangan.

‘’Tujuan mengikuti kejuaraan di Malang, demi meningkatkan jam terbang. Syukur-syukur, bidikan lima medali emas dapat diraih anak-anak pada ajang tersebut,’’ ujar Agus.(Setyo Wiyono)

Editor: Budi Sarmun