Raih Tujuh Emas, Akademi Karate Katana Solo Juara Umum

raih-tujuh=emas-akademi-karate-katana-solo-juara-umum
PIALA: Sejumlah karateka dan ofisial tim Akademi Katana Solo memamerkan piala dan medali yang diraih pada kejuaraan terbuka nasional Dekan Cup VI di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Kejuaraan Terbuka di Unsoed Purwokerto

SOLO,suaramerdekasolo.com. Tujuh medali emas digenggam para karateka Akademi Karate Katana Solo dari kejuaraan terbuka nasional di Graha Widyatama Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto. Raihan tersebut sekaligus membawa tim asal Kota Bengawan merebut gelar juara umum pada ajang bertajuk Dekan Cup VI yang diselenggarakan Sabtu-Minggu (8-9/2) lalu itu.

‘’Alhamdulillah, tim kami bisa melampaui target. Semula kami mengincar enam medali emas, tapi berkat penampilan anak-anak yang bagus, akhirnya justru mampu merebut tujuh emas,’’ kata pelatih Akademi Katana, Surya Panca, Rabu (12/2).

Lima puluh lima kontingen dari berbagai daerah di Tanah Air bersaing dalam pertarungan tersebut. Hasilnya, tim Katana yang berada di lingkup Federasi Olahraga Karatedo Indonesia (Forki) Surakarta itu mengemas total tujuh emas, sekeping perak dan dua perunggu. Posisinya dibuntuti tim Gujokai Chaki dari DKI Jakartadengan enam emas, tujuh perak dan lima perunggu, serta KKI Dojo Rajawali (Jabar) yang mengoleksi enam emas, sekeping perak dan dua perunggu.

Best of The Best

Karateka Katana yang meraih simbol juara adalah Nayaka Anindyo di arena kumite usia dini -30 kg putra), M Lutfi Diaz (kumite yunior -55 kg putra), Rizal Eka (kumite yunior -76 kg putra) dan Tegar Unggul (kumite yunior +76 kg putra). Selain itu Getta Shafada merebut emas kumite U21 kelas -84 kg putra, Putri Karunia (kumite U21 kelas -61 kg putri), serta Ngalim Amriyadi (kata senior putra).

‘’Dua karateka kami juga menyandang gelar sebagai best of the best, yakni Rizal Eka di kelompok yunior putra, serta Getta di kelompok gabungan U21 dan senior putra,’’ ungkap Panca, diiyakan manajer tim Rhyankita Darma Saputra.

Medali perak tim tersebut disabet M Luthfi dari nomor kata yunior putra. Selanjutnya tiga perunggu diperoleh Nayaka (kata usia dini putra), trio Razim-Exel-Ibra (kata beregu pra pemula), serta Tatjana (kumite +40 kg pemula putri). Karateka pemula Katana jug meraih dua emas, sekeping perak dan enam perunggu di ajang festival, tetapi tidak diperhitungkan dalam pengumpulan medali.

‘’Meski demikian, tim kami belum puas atas hasil itu. Ke depan, kemampuan anak-anak bakal terus ditempa sehingga lebih maksimal,’’ tandas Panca yang juga Kabid Pembinaan Prestasi pada Pengkot Forki Surakarta itu.(Setyo Wiyono)

Editor:Budi Sarmun