Pebola Voli Putri Solo Direncanakan Lebih Sering Uji Coba

pebola-voli-putri-solo-direncanakan-lebih-sering-uji-coba
PEMANASAN: Sejumlah pebola voli yunior Vita Solo melakukan pemanasan dalam latihan rutin di Gelanggang Pemuda Bung Karno kompleks Stadion Manahan.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Tim Yunior Usai Ekshibishi di Yogyakarta

SOLO,suaramerdekasolo.com. Para pebola voli putri Solo, terutama atlet-atlet yunior, direncanakan lebih sering menjalani uji coba. Hal tersebut demi mendongkrak mental dan pengalaman bertanding yang berpengaruh dalam peningkatan performa mereka ke depan.

Kekalahan awak tim yunior putri Kota Bengawan dari Arwis DIY dalam laga ekshibishi di Yogyakarta, Selasa (18/2) malam, menjadi salah satu pemacunya. Para pemain muda klub amatir Vita Solo yang diboyong itu kalah tipis 2-3 pada partai sisipan dalam rangkaian turnamen terbuka SKVC Cup 2020 di Sleman tersebut.

‘’Kami turunkan tim yunior, tapi skuad lawan ternyata diperkuat beberapa pemain senior antara lain dari klub Yuso dan Ganevo, serta pemain dari Semarang. Meski mereka harus menang dengan susah payah, tapi tetap saja anak-anak kalah, karena masih minim pengalaman,’’ kata pelatih tim yunior putri Vita, Marwoto, Kamis (20/2).

Karena itu, pihaknya berencana lebih memperbanyak agenda uji coba. Beberapa kelemahan awak timnya juga terekam dalam pertandingan ekshibishi tersebut. Stamina fisik Salma Ayu Azizah dkk juga dinilai kurang tangguh guna menghadapi pertarungan keras sepanjang lima games.

Problem Recieved

Di sisi lain, ada masalah teknik permainan yang juga masih menjadi pekerjaan rumah. Penerimaan bola pertama atau recieved awak tim muda Kota Bengawan tersebut seringkali tidak sempurna. Akibatnya, rangkaian serangan kembali ke arah lawan jadi tidak bisa dilakukan secara maksimal.

‘’Recieved memang problem klasik yang sering terjadi pada tim-tim voli. Tapi berbagai kekurangan tersebut akan terus kami benahi, karena para atlet yunior ini merupakan bagian kerangka tim Solo untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2022,’’ ungkap Marwoto.

Tim yunior tersebut juga diperkuat beberapa pemain yang disiapkan untuk membela skuad Solo pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jateng tingkat SMA. Para pemain muda itu, biasanya digabung dalam latihan rutin di Gelanggang Pemuda Bung Karno kompleks Stadion Manahan Solo.

‘’Beberapa pemain senior putri juga sering digabung dalam latihan, demi menularkan kemampuan dan mengasah mental adik-adiknya,’’ tambah Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Pengkot Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Surakarta, Agus Suyanto.(Setyo Wiyono)

Editor:Budi Sarmun