Tim Voli Popda Bakal Awali Penggunaan GOR Vita

tim-voli-popda-bakal-awali-penggunaan-gor-vita
CAT LAPANGAN: Seorang pekerja mengecek cat lapangan di gedung yang akan digunakan sebagai tambahan tempat latihan voli indoor di kawasan Sumber, Solo.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Operasional Diagendakan Mulai Maret

SOLO,suaramerdekasolo.com. Tim voli Solo proyeksi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jateng tingkat SMA bakal mengawali penggunaan gedung olahraga (GOR) Vita. Gedung di daerah Sumber yang kini dalam proses renovasi itu dijadwalkan rampung pada akhir Februari ini.

‘’Skedulnya, akhir Februari proses perbaikan rampung. Setelah seremoni kecil, nanti tim Popda SMA akan langsung menggunakannya untuk berlatih intensif untuk persiapan kejuaraan yang digelar medio Maret,’’ kata pelatih tim voli putri Solo untuk Popda SMA, Marwoto, Senin (24/2).

Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Pengkot Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Surakarta, Agus Suyanto mengungkapkan, gedung pinjaman tersebut kini telah diperbaiki dan dicat secara menyeluruh. Fasilitas pelengkap seperti kamar mandi, tempat shalat dan ruang kecil untuk kantor juga telah dibuat.

Beberapa titik di bagian atas juga telah ditambah atap transparan sehingga bisa lebih terang pada siang hari. ‘’Sebagai kelengkapan kalau untuk berlatih malam hari juga telah dipasangi lampu-lampu penerangan di sejumlah titik,’’ jelas Agus yang juga guru SMAN 1 Surakarta itu.

Cat Berlapis

Selain itu, lantai yang telah diratakan dan ditinggikan, saat ini telah dicat sesuai ukuran dan skema lapangan. Tiang net telah terpasang pada kedua sisi. ‘’Cat lapangan telah dilapis hingga lima kali. Catnya bakal dilapis lagi agar lebih bagus dan tidak berbahaya jika pemain manjatuhkan diri untuk menjangkau bola,’’ tambah Marwoto.

GOR Vita tersebut memang minimalis dengan luas ruang dan ketinggian atap sangat terbatas. Meski demikian, keberadaannya bakal sangat membantu pembibitan dan pembinaan voli indoor Kota Bengawan yang hampir seluruh atletnya juga hasil penggemblengan klub voli amatir Vita Solo.

Saat ini, bibit-bibit atlet usia dini diberi latihan dasar voli di lapangan Penumping. Lalu sebagian hasil pembinaan yang berpotensi ditempa dalam tim U-17, yunior dan senior yang mendapat jadwal latihan di Gelanggang Pemuda Bung Karno kompleks Manahan.

‘’Namun latihan di gelanggang pemuda itu dirasa kurang, karena jadwal penggunaannya juga untuk kegiatan olahraga lain termasuk Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMPN 1 Surakarta. Maka lalu cari tempat lain untuk menambah intensitas latihan, meski sifatnya gedung pinjaman,’’ tutur Sekretaris Pengkot PBVSI setempat, Bambang Tuko Wibowo.(Setyo Wiyono)

Editor:Budi Sarmun