20 Karateka Solo Bersiap Hadapi Kualifikasi Popda

20-karateka-solo-bersiap-hadapi-kualifikasi-popda
ASAH KEMAMPUAN: Karateka pelajar Luvena Milano mengasah kemampuan di kompleks Manahan. Dia bakal memperkuat tim SMP Surakarta pada kualifikasi Popda wilayah Solo Raya.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Berburu Tiket Menuju Tingkat Jateng

SOLO,suaramerdekasolo.com. Dua puluh karateka Solo bersiap bertarung pada fase kualifikasi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) di wilayah eks-Karesidenan Surakarta. Mereka akan memburu gelar juara dalam persaingan menghadapi para atlet pelajar dari enam kabupaten lain di Solo Raya di Gelanggang Pemuda Bung Karno kompleks Stadion Manahan, Kamis (27/2).

‘’Hanya peraih gelar juara pada setiap kelas yang berhak maju ke Popda tingkat Jateng. Maka anak-anak kami persiapkan betul untuk menghadapi fase kualifikasi di lingkup karesidenan nanti,’’ kata salah seorang pelatih karateka tim Popda Surakarta, Agus Muzamil, Rabu (26/2).

Atlet-atlet pelajar yang disiapkan tersebut terdiri atas sepuluh karateka tingkat SMP dan sepuluh pelajar SMA. Masing-masing kelompok terbagi lagi atas lima putra dan lima putri. Kendati berstatus sebagai tuan rumah, tim Kota Bengawan tetap harus bersaing ketat guna merebut gelar-gelar juara tersebut.

‘’Peta kekuatan karate kian merata di berbagai daerah. Karena itu, kami minta seluruh atlet untuk berkonsentrasi penuh dalam setiap pertandingan nanti,’’ tandas Agus.

Bidikan

Pria yang juga pelatih Pengkot Federasi Olahraga Karatedo Indonesia (Forki) Surakarta tersebut menyebut empat-lima gelar juara menjadi bidikan tim SMP pada ajang kualifikasi. Sementara untuk tingkat SMA, tiga tiket menuju Popda Jateng menjadi targetnya.

‘’Tetapi tentu butuh perjuangan keras bagi para atlet guna mewujudkan target tersebut. Mudah-mudahan bidikan itu dapat dicapai,’’ ujarnya.

Karateka pelajar SMP putri, Luvena Milano menjadi salah satu andalan tim Kota Bengawan pada kelas -50 kg. Pelajar Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMPN 1 Surakarta tersebut merupakan satu-satunya peraih medali emas di Popda SMP Jateng, tahun lalu. Bahkan Luvena yang kemudian memperkuat tim Jateng, merebut gelar juara di arena Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas).

Kala itu, tim SMP Solo juga merebut medali perak kelas -45 kg putri yang digenggam Agmarina Nurin Izzati dan perunggu direbut Ilyas Hari dari nomor kata perorangan putra. Luvena dan Ilyas, kini masih tetap memperkuat kontingen Solo di arena Popda Jateng 2020.(Setyo Wiyono)

Editor:Budi Sarmun