Raih 11 Emas, Klaten Juara Umum Popda SMP/SMA

silat-klaten
TIM SILAT : Kontingen silat Kabupaten Klaten Juara Umum Popda SMP/SMA di Solo.(suaramerdekasolo.com/Merawati Sunantri)

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Prestasi gemilang diraih kontingen pencak silat Kabupaten Klaten pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) yang berlangsung di GOR Manahan Solo, 24-25 Februari 2020. Dari 30 atlet yang dikirim, Klaten membawa pulang 11 medali emas dan tampil sebagai Juara Umum.

‘’Alhamdulilah, hasil Popda SMP/SMA se-eks Karesidenan Surakarta sangat menggembirakan. Klaten tampil sebagai Juara Umum dengan meraih 11 medali emas dari  18 atlet yang masuk babak final,’’ kata Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Klaten, Much Nasir, Rabu (26/2).

Klaten mengirimkan 30 atlet terbaik hasil seleksi tingkat kabupetan beberapa waktu lalu. Mereka terdiri atas 15 atlet SMP yakni 8 putra dan 7putri yang turun di kelas B sampai kelas I.

Sedangkan untuk SMA, Klaten juga mengirimkan 15 atlet terdiri atas 8 putra dan 7 putri. Mereka turun di Kelas A sampai Kelas H. Tim berangkat didampingi 3 pelatih yakni M. Aminurdin, Dewi dan M. Azis Rifai.

‘’Total Klaten meraih 11 emas, 7 perak dan 3 perunggu. Popda se-eks Karesidenan Surakarta merupakan seleksi menuju Popda Jateng. Nantinya, 11 atlet peraih medali emas akan maju ke Popda tingkat Provinsi Jawa Tengah,’’ kata M Aminurdin.

silat-klaten2

Dari SMP ada 9 atlet meraih emas, yakni Haida Kurnia Fathiya (SMP Muhammadiyah Plus Klaten Utara), Seva Ristika Amalia (SMPN 4 Klaten), Kirana Tias Savira (SMP Muhammadiyah 1 Klaten), dan Ariella Eldora Sonia Putri (SMPI-PK Muhammadiyah Delanggu).

Selain itu ada, Uswatun Khasanah (SMPN 1 Kalikotes), Aziz Wijayanto (SMPN 2 Karangdowo), Muhammad Abdul Raihan (SMPN 1 Delanggu), Ruslan Nabil Abiyyu Karebet (SMPN 2 Klaten) dan Zainal Jabbaar Fathoni (SMP Muhammadiyah Plus Klaten Utara).

Sedangkan untuk SMA ada 2 atlet yang lolos, yakni Ichsan Permadani (SMA MAN 1 Klaten) dan Rizky Salsabila (SMK PGRI Pedan). Selanjutnya, mereka akan menjalani latihan lebih intensif untuk persiapan maju ke tingkat Jawa Tengah.

‘’Rencananya, atlet yang lolos seleksi tingkat eks Karesidenan Surakarta akan maju ke Popda tingkat Jawa Tengah. Untuk SMA rencananya diadakan 16 Maret mendatang, tingkat SD 19-22 April, sedangkan SMP pada Juni mendatang,’’ ujar Aminurdin.(Merawati Sunantri)

Editor : Budi Sarmun