Taekwondoin Pelajar Solo Buru 30 Tiket Menuju Jateng

*Jelang Kualifikasi Popda eks Karesidenan

SOLO,suaramerdekasolo.com. Tiga puluh tiket menuju Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jateng menjadi buruan para taekwondoin Solo di ajang kualifikasi lingkup eks Karesidenan Surakarta, Kamis (27/2). Lima puluh dua atlet pelajar disiapkan tim Kota Bengawan untuk memburu tiket pada persaingan menghadapi tim-tim enam kabupaten lain yang digelar di lapangan tenis indoor Manahan itu.

Terdapat 14 taekwondoin tingkat SD, 20 pelajar SMP dan 18 atlet SMA yang bakal memperkuat tim Surakarta. Mereka, bersama para atlet pelajar taekwondo dari berbagai kabupaten di Solo Raya, melakukan timbang badan di Manahan, Rabu (26/2).

‘’Kami membidik delapan medali emas untuk tingkat SD, 12 emas tingkat SMP dan sepuluh emas pada persaingan pelajar SMA. Mudah-mudahan tercapai, sehingga ada 30 tiket untuk menuju Popda Jateng,’’ kata Kabid Pembinaan Prestasi Pengkot Taekwondo Indonesia (TI) Surakarta, Adya Tri Nugroho.

Menurut Ketua Pengkot TI setempat, Donny Susanto berbagai persiapan telah dilakukan guna mewujudkan target tersebut. Para atlet pelajar dari berbagai jenjang itu dimatangkan dalam latihan secara intensif.

‘’Potensi dan semangat para atlet pelajar kami, saat ini cukup bagus,’’ jelasnya.

Kekuatan Merata

Kendati demikian, guna mewujudkan incaran tersebut tidak semudah membalik telapak tangan. Sebab perkembangan salah satu cabang olahraga bela diri itu semakin merata. Kekuatan daerah-daerah kabupaten di lingkup Solo Raya juga lebih ketat dalam bersaing.

‘’Perhitungan kami, daerah-daerah terutama Sukoharjo, Karanganyar dan Sragen menjadi pesaing terberat dalam perebutan gelar juara di kualifikasi tingkat eks karesidenan nanti,’’ ujar Adya.

Pada ajang serupa tahun lalu, tim Solo meloloskan enam atlet tingkat SD, 13 pelajar SMP dan 12 taekwondoin SMA ke tataran Popda Jateng. Mereka pun menunjukkan prestasinya dalam pertarungan di level provinsi tersebut.

‘’Enam medali emas untuk tingkat SMA dan empat emas tingkat SMP diraih tim taekwondo Solo pada Popda Jateng tahun lalu. Semoga tahun ini dapat lebih banyak,’’ ungkap Adya.(Setyo Wiyono)

Editor:Budi Sarmun