120 Pesepak Bola Ikuti Seleksi Timnas Pelajar U15 di Solo

120-pesepak-bola-ikuti-seleksi-timnas-pelajar-u15-di-solo
PENJELASAN: Sekjen Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia (Blispi) M Jaelani Saputra dan Ketua Umum Subagja Suihan (kanan) memberi penjelasan tentang seleksi Timnas Pelajar U15 di kompleks Gedung Wanita Solo, Rabu (4/3).(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Termasuk Sembilan Siswa KKO Surakarta

SOLO, suaramerdekasolo.com. Seratus dua puluh pesepak bola remaja dari berbagai daerah, termasuk sembilan anak dari Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMPN 1 Surakarta, bakal bersaing untuk menjadi awak Timnas Pelajar U15 di Solo. Mereka akan menjalani seleksi yang digelar di Stadion Sriwedari selama empat hari, mulai Minggu (8/3).

‘’Sejumlah 120 peserta itu hasil penjaringan tim talent scouting yang diketuai Rully Nerre pada Liga Berjenjang U14 Kemenpora 2019, plus beberapa pemain berkualitas rekomendasi dari daerah-daerah,’’ kata Ketua Umum Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia (Blispi), Subagja Suihan di Gedung Wanita Solo, Rabu (4/3).

Didampingi Sekjen Blispi M Jaelani Saputra, dia menjelaskan, seleksi tersebut akan melibatkan sejumlah pelatih. Pelatih kepala Gendut Doni Christiawan, dibantu asisten Ilham Romadhona dan Rianto Ardi Nugroho, serta pelatih kiper Doni Lattuperisa. Mereka akan didampingi beberapa pelatih senior nasional.

‘’Seleksi tahap pertama itu akan menjaring 50-60 pemain. Selanjutnya mereka mengikuti lagi seleksi tahap kedua untuk menyaring 30 pemain terbaik, yang akan digelar di Makassar, usai lebaran mendatang,’’ tambah Jaelani.

Turnamen di Italia

Timnas pelajar Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) itu pengelolaannya diserahkan ke Blispi. Menurut Jaelani, tim yang terbentuk diproyeksikan untuk mengikuti sebuah turnamen internasional di Sisilia, Italia, Agustus-September mendatang.

‘’Sebelum bertanding ke Italia, Timnas Pelajar akan menjalani latihan dan serangkaian uji coba ke berbagai daerah di Tanah Air,’’ jelas Subagja.

Kedua petinggi Blispi itu telah menyampaikan rencana seleksi Timnas U15 di Solo kepada Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, serta mendapat dukungan. Rencananya, 120 peserta akan diinapkan di Gedung Wanita Solo.

Menurut Kabid Olahraga Dispora Maretha Dinar Cahyono didampingi Kasi Pengembangan Olahraga Sugeng Hariyadi, Stadion Manahan sudah disiapkan untuk penyelenggaraan seleksi tersebut. ‘’Sebenarnya ada satu pertandingan dalam rangkaian seleksi yang diagendakan digelar di Manahan, tapi sifatnya masih tentatif,’’ jelas Sugeng.(Setyo Wiyono)

Editor:Budi Sarmun