Dua Fencer UTP Surakarta Buru Emas ke Malaysia

dua-fencer-utp-surakarta-buru-emas-ke-malaysia
LATIHAN CLASSICAL: Atlet anggar UTP Surakarta Yusuf Aprilian menjalani latihan classical di kampus UTP kawasan Cengklik, Solo.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Kejuaraan Anggar AntarPerguruan Tinggi

SOLO,suaramerdekasolo.com. Dua fencer (atlet anggar) Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta bakal memburu medali emas ke Malaysia. Mereka, Yusuf Aprilian dan Dinda Dwi Aryanti akan berduel pada kejuaraan anggar antarperguruan tinggi Asia Tenggara yang rencananya digelar di President Hall Nilai University, Negeri Sembilan, Jumat-Minggu (6-8/3).

‘’Keduanya berpeluang merebut gelar juara. Yusuf akan bertanding di arena floret putra, sementara Dinda di nomor sabel putri,’’ kata pelatih tim anggar UTP, Hendra Faradilah, Kamis (5/3).

Pertarungan pada ajang bertajuk ‘’4th Fencing University Championship 2020’’ tersebut diprediksi berlangsung ketat. Persaingan keras terutama akan dihadapi melawan para fencer dari tim Thailand dan Filipina. Kendati demikian, sejumlah atlet kontingen negara lain Asia Tenggar seperti tuan rumah Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura dan Kamboja, juga tak bisa dipandang sebelah mata.

‘’Pada ajang yang sama tahun lalu, Yusuf merebut medali perak karena kalah tipis saat bertanding versus atlet Malaysia di partai final,’’ ungkap Hendra.

Awak Tim Pelatda

Pria yang juga Kabid Pembinaan Prestasi (Binpres) Pengkot Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Surakarta itu mengungkapkan, tim perguruan tinggi Indonesia merebut satu perak dan dua perunggu musim lalu. Kala itu lima fencer diturunkan, dua mahasiswa UTP dan tiga lainnya dari Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Namun kali ini, para atlet dari UNS tidak berangkat.

Hendra menambahkan, Yusuf dan Dinda telah dibekali pematangan teknik dan strategi bertanding dalam latihan intensif di UTP Fencing Club. Kebugaran fisik keduanya juga dalam kondisi prima.

‘’Kebetulan keduanya juga masuk sebagai awak tim pelatda anggar PON Jateng. Jadi laga keduanya di Malaysia nanti, sekaligus sebagai try out guna menghadapi PON di Papua, Oktober mendatang,’’ jelas Hendra yang juga pelatih anggar tim PON Jateng.

Secara keseluruhan, terdapat 18 fencer dari berbagai daerah di Jateng yang disiapkan untuk menghadapi pesta olahraga terbesar nasional empat tahunan tersebut.(Setyo Wiyono)

Editor:Budi Sarmun