Sembilan Pesepak Bola KKO Surakarta Siap Bersaing

sembilan-pesepak-bola-kko-surakarta-siap-bersaing
SELEBRASI: Tim sepak bola Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMPN 1 Surakarta melakukan selebrasi usai menjadi juara Liga Berjenjang U15 Piala Menpora 2019 di Stadion Sriwedari.(suaramerdekasolo.com/dok KKO Surakarta)

*Minggu, Seleksi Timnas Pelajar U15 di Sriwedari

SOLO,suaramerdekasolo.com. Sembilan pesepak bola Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMPN 1 Surakarta siap bersaing untuk menjadi awak Timnas Pelajar U15, Minggu-Kamis (8-12/3). Mereka masuk dalam daftar 120 pemain yang dipanggil Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia (Blispi) guna menjalani seleksi di Stadion Sriwedari dan Manahan Solo tersebut.

Sembilan pemain Kota Bengawan tersebut merupakan awak tim inti yang memperkuat skuad KKO merebut gelar juara Liga Berjenjang U14 Piala Menpora 2019.

‘’Dari sebelas awak skuad inti, hanya kiper dan stoper yang tidak masuk daftar penjaringan tim talent scouting yang diketuai Rully Nerre. Mereka memang memiliki potensi kemampuan fisik dan teknik bermain yang bagus,’’ kata pelatih sepak bola KKO SMPN 1 Surakarta, Agus ‘’Atek’’ Pratikto, Kamis (5/3).

Para pemain pelajar KKO itu berposisi di beberapa lini. Pemain belakang yang diundang untuk ikut seleksi adalah Yedica Dhimas Christiawan, Lutfi Wahyu Saputra dan Zacky Raditya Pratama. Lalu, posisi gelandang ada Albi Fauzi, Saiful Arifin, Faiz Hendra Pramana.

Latihan Rutin

Di posisi winger terdapat Elang Virgi Robben. Sementara dua penyerang yang juga masuk daftar peserta seleksi Timnas Pelajar U15 Kemenpora tersebut adalah Deco Mahesa Bintang dan Gerrard Dwiki Saputra.

‘’Harapan kami, sembilan pemain tersebut semua lolos seleksi,’’ ujar Atek didampingi asisten pelatih sepak bola KKO Rianto Ardi Nugroho.

Kasi Pengembangan Olahraga Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Surakarta Sugeng Hariyadi mendampingi Kabid Olahraga Maretha Dinar Cahyono menyebut para atlet remaja Kota Bengawan itu memiliki talenta bagus.

‘’Latihan rutin setiap pagi dan sore, sangat mendukung pengembangan potensi anak-anak,’’ tutur Sugeng yang juga koordinator KKO SMPN 1 Surakarta.

Menurut Sekjen Blispi M Jaelani Saputra, Timnas Pelajar U15 tersebut diproyeksikan guna mengikuti kejuaraan internasional di Sisilia, Italia, Agustus-September mendatang. Seleksi 120 pemain di Solo merupakan seleksi tahap pertama. Rencananya 50-60 pemain terbaik yang dijaring, selanjutnya melaju ke seleksi tahap kedua di Sulawesi Selatan, usai lebaran.

‘’Tiga puluh pemain terbaik hasil seleksi di Sulsel akan digembleng sebagai awak Timnas Pelajar U15,’’ jelasnya.(Setyo Wiyono)

Editor: Budi Sarmun