KONI Klaten Bangun Fitness Center Rp 1,2 Miliar

fitnes-koni-klaten
COBA ALAT : Sejumlah pengurus KONI dan pengurus cabang olahraga mencoba alat fitness di lantai II gedung fitness KONI.(suaramerdekasolo.com/Merawati Sunantri)

Segera Dioperasikan Untuk Persiapan Porprov

KLATEN,suaramerdekasolo.com – KONI Klaten akan segera memfungsikan fitness center yang berlokasi di komplek Kantor KONI Klaten, Jonggrangan, Klaten Utara. Gedung lantai II sudah selesai dibangun akhir tahun 2019 lalu dan belasan unit peralatan fitness sudah siap digunakan.

KONI telah menggelar pelatihan pengenalan alat untuk beberapa petugas yang nantinya akan mengurus peralatan fitness centre. Mereka mempelajari fitur-fiturnya masing-masing alat agar mampu mengoperasikan dengan baik dan mengajari pada pemakai.

‘’Baru dilakukan pelatihan pengenalan peralatan fitness bagi petugas agar nantinya mereka bisa memandu para pemakai saat fitness center digunakan. Setelah semuanya bisa, nanti akan diundang pelatih masing-masing cabang olahraga untuk mengetahui latihan apa yang dibutuhkan,’’ kata Ketua Umum KONI Klaten, Parwanto.

Latihan fisik bagi cabang olahraga berbeda-beda, misalnya kebutuhan latihan atlet gulat tentu beda dengan atlet lari, panahan atau cabang olahraga yang lain. Semua butuh penekanan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

‘’Nanti akan dilakukan pelatihan di UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) bagi para pelatih dan instruktur agar mereka mengetahui penekanan latihan yang dibutuhkan atletnya, sehingga porsi latihan dan penggunaan alatnya pas. Setelah semua siap, kami akan susun jadwal latihan untuk tiap cabor,’’ ujar Parwanto.

Tampak beberapa petugas dan pelatih berdatangan ke fitness center KONI. Mereka mencoba beberapa alat di lantai II dan belajar mengoperasikan alat kebugaran. Gedung fitness center dan peralatan kebugaran didanai Pemkab Klaten melalui hibah ke KONI Klaten.

‘’Tahun 2019, dilakukan pembangunan gedung khususnya lantai II dan pembelian sejumlah alat latihan dasar yang paling diperlukan dalam melatih fisik. Pemilihan alat direkomendasikan Ketua Bidang Litbang dan Sport Science KONI yang juga dosen FPOK UNY, Jaka Sunardi,’’ kata Parwanto.

Pemilihan pembelian alat dilakukan untuk menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki KONI Klaten. Rencananya, tahun 2020 ini pembangunan shelter panahan di bawah gedung fitness center akan dilanjutkan dan penambahan beberapa alat.

‘’Tahun 2020, ini kami mengajukan rencana anggaran belanja untuk menyelesaikan sherter bawah dan penambahan alat. Semoga tahun ini, gedung bisa disempurnakan dan peralatan bisa dilengkapi, sehingga bisa digunakan untuk memaksimalkan latihan menghadapi Proprov 2022,’’ tegas dia.

Pembangunan gedung lantai II berukuran 7 x 32 meter tersebut menghabiskan anggara sekitar Rp 900 juta, sedangkan pengadaan peralatan sekitar Rp 300 juta. Namun bagian bawah gedung belum dibangun, karena bangunan milik Pemkab Klaten sehingga butuh proses penghapusan aset.(Merawati Sunantri)

Editor : Budi Sarmun