Pesebak Bola KKO Surakarta Disiapkan Hadapi Popda

pesepak-bola-KKO-Surakarta-disiapkan-hadapi-popda
PASSING: Sejumlah pesepak bola pelajar Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMPN 1 Surakarta mengasah kontrol dan passing bola dalam latihan di lapangan Karangasem.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

SOLO,suaramerdekasolo.com. Para pesepak bola siswa Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMPN 1 Surakarta disiapkan untuk menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jateng 2020. Latihan rutin yang mereka jalani setiap pagi dan sore, sebelum dan setelah sekolah, menjadi rangkaian persiapan untuk merebut kembali gelar juara pada kompetisi skala Jateng yang akan digelar di Semarang, usai lebaran mendatang.

‘’Kerangka timnya sudah ada, termasuk sembilan pemain yang dipanggil untuk mengikuti seleksi Timnas Pelajar U15 Kemenpora, saat ini. Mereka terus diasah agar performanya benar-benar bisa maksimal,’’ kata pelatih tim sepak bola KKO SMPN 1 Surakarta, Agus ‘’Atek’’ Pratikto, Rabu (11/3).

Sembilan pemain pelajar KKO tersebut berposisi di beberapa lini. Di sektor belakang terdapat Yedica Dhimas Christiawan, Lutfi Wahyu Saputra dan Zacky Raditya Pratama. Lalu, posisi gelandang ada Albi Fauzi, Saiful Arifin, Faiz Hendra Pramana. Di posisi winger terdapat Elang Virgi Robben. Sementara dua penyerang Deco Mahesa Bintang dan Gerrard Dwiki Saputra.

Kemampuan Bagus

Menurut Atek, para pemain tersebut memang memiliki potensi dan kemampuan bagus dalam memainkan bola. Mereka turut memeperkuat tim yang menjuarai Liga Berjenjang Piala Menpora U14 pada tahun lalu.

‘’Target pada Popda SMP di lingkup Jateng nanti, tentu saja mempertahankan gelar juara dengan merebut medali emas,’’ ujar Atek.

Tim tersebut tidak melalui fase kualifikasi di skala eks Karesidenan Surakarta. Sebab sesuai ketentuan, finalis Popda Jateng otomatis langsung lolos ke ajang yang sama pada tahun berikutnya.

Namun bagi tim sepak bola Solo tingkat SMA, tetap wajib mengikuti babak kualifikasi. Pada fase tersebut yang digelar di Stadion Sriwedari, beberapa waktu lalu, skuad SMA Kota Bengawan juga lolos menuju Jateng.

‘’Anak-anak bermain bagus. Kemampuan mereka, rata-rata juga bagus, sehingga bisa diandalkan untuk bertarung di lingkup Jateng, pekan depan. Yang jelas, mereka harus bermain total untuk memburu gelar juara,’’ kata pendamping tim SMA Sri Widadi, yang turut mengawal bersama pelatih Vilol Vebrian.(Setyo Wiyono)

Editor:Budi Sarmun