Seleksi Timnas Pelajar Rampung, Tunggu Hasil Kemudian

seleksi-timnas-pelajar-rampung-tunggu-hasil-kemudian
BEREBUT BOLA: Sejumlah pemain berebut bola dalam seleksi Timnas Pelajar U15 yang digelar Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia (Blispi) di Stadion Sriwedari, Kamis (12/3).(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Termasuk Sembilan Pesepak Bola KKO Surakarta

SOLO,suaramerdekasolo.com. Seleksi Timnas Sepak Bola Pelajar U15 di Stadion Sriwedari Solo rampung, Kamis (12/3). Seratus tiga belas pemain peserta seleksi dari berbagai penjuru Tanah Air, sejak Minggu (8/3) lalu, telah menampilkan kemampuan terbaiknya di depan jajaran pelatih yang dipimpin Gendut Doni Christiawan.

Mereka merupakan para pemain rekomendasi tim pencari bakat yang diketuai Rully Nere dari ajang Liga Berjenjang Sepak Bola U14 Piala Menpora 2019. Plus, sederet pemain lain rekomendasi dari sejumlah daerah.

Kendati demikian, para peserta tidak bisa langsung mengungkapkan ekspresi dengan bersorak senang atau pulang dengan kepala tertunduk. Sebab, hasil penjaringan Timnas Pelajar yang dikelola Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia (Blispi) itu akan diumumkan beberapa waktu kemudian.

‘’Lima puluhan pemain yang lolos pada seleksi tahap pertama ini, rencananya diumumkan di Jakarta melalui media massa. Tidak langsung diumumkan di Solo setelah seleksi rampung, demi menjaga psikologis pemain yang tak lolos,’’ kata Rianto Ardi Nugroho, asisten pelatih yang mendampingi Gendut Doni.

Fisik dan Psikologi

Alumnus Fakultas Keolahragaan (FKor) UNS Surakarta itu mengungkapkan, seleksi tidak hanya menyangkut kemampuan teknik mengolah bola dalam games. Namun juga keterampilan dasar bermain, fisik individu, serta psikologi para peserta seleksi.

Menurut Ketua Blipsi, Subagja Suihan, para peserta seleksi Timnas Pelajar U15 yang diproyeksikan mengikuti kejuaraan internasional di tlatah Eropa tersebut, bakal menjalani minimal dua tahap seleksi. Tahap pertama di Solo akan menjaring sekitar 50 pemain terbaik.

‘’Seleksi tahap berikutnya diselenggarakan di Makassar, setelah lebaran nanti. Sejumlah 50-an yang lolos tahap pertama, akan diseleksi lagi tinggal menjadi 30 orang,’’ jelasnya.

Sembilan siswa Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMPN 1 Surakarta yang mengikuti seleksi tersebut juga mesti bersabar menunggu pengumuman lebih lanjut. Mereka merapat lagi ke Gelanggang Pemuda Bung Karno di kompleks Stadion Manahan yang jadi markasnya, guna kembali menjalani rutinitas latihan.

‘’Anak-anak langsung kembali masuk sekolah dan gabung latihan bersama teman-temannya. Mereka kan juga harus bersiap menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jateng,’’ tutur pelatih sepak bola KKO, Agus ‘’Atek’’ Pratikto.(Setyo Wiyono)

Editor: Budi Sarmun