Kejuaraan Terbuka Catur Pelajar di Solo Juga Ditunda

kejuaraan-terbuka-catur-pelajar-di-solo-juga-ditunda

*Antisipasi Penyebaran Virus Corona

SOLO,suaramerdekasolo.com. Wabah corona membuat rencana penyelenggaraan kejuaraan terbuka catur pelajar yang disiapkan Pengkot Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi Surakarta), berantakan. Ajang bagi pelajar SD hingga SMA itu sedianya bakal digelar di pusat perbelanjaan Paragon Mall, Minggu (22/3). Namun karena status kejadian luar biasa (KLB) corona di Solo, maka kejuaraan tersebut ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

‘’Sebenarnya sudah ratusan pelajar yang mendaftarkan diri. Tetapi karena status KLB virus corona, serta ada instruksi Wali Kota (FX Hadi Rudyatmo-red) untuk menghindari kerumunan, maka kejuaraan itu ditunda. Kalau sudah ada perkembangan membaik, segera kami susun lalu,’’ kata Ketua Pengkot Percasi Surakarta, Gunawan Sutrisno, Senin (16/3).

Menurut dia didampingi Sekretaris Daromez Setiar Budi, Bidang Pembinaan Prestasi M Fauzi dan Litbang Prihtianto, calon peserta dari wilayah Solo yang mendaftar mencapai sekitar 50 orang. Ratusan lainnya dari berbagai daerah di Jateng dan Jatim seperti Probolinggo, Jember dan Banyuwangi, serta kota-kota lainnya.

‘’Target kami sebenarnya 400 peserta. Tujuannya demi memacu munculnya bibit-bibit pecatur muda demi regenerasi,’’ jelas Gunawan.

Empat Kelompok

Pengumuman penundaan tersebut, lanjut dia, telah disampai kepada para peserta dan masyarakat melalui berbagai sarana komunikasi dan media sosial. Para calon peserta dapat memaklumi situasi tersebut. Di sisi lain, pihak panitia sebenarnya juga telah siap menggelar event itu.

‘’Venue di Paragon kami siapkan, hadiah total Rp 12 juta telah ada, serta berbagai peralatan dan perlengkapan sudah oke. Tapi mau bagaimana lagi. Penundaan demi kebaikan bersama,’’ ujarnya.

Berdasarkan rencana yang telah dimatangkan, kejuaraan terbuka itu terbagi atas empat kelompok peserta. Yakni pelajar SD kelas satu-tiga dan kelas empat-enam, pelajar SMP, serta pelajar SMA. Tak ada pemilahan antara peserta putra dan putri.

‘’Tapi kami juga menyiapkan penghargaan khusus bagi peserta dari Solo yang terbaik di masing-masing kelompok. Sebab kami juga berharap event itu memunculkan pecatur-pecatur pelajar dari Kota Solo,’’ tambah Gunawan.(Setyo Wiyono)

Editor:Budi Sarmun