Awak Tim Pelatnas Sepak Bola CP Pulang Secara Bertahap

awak-pelatnas-sepak-bola-cp-pulang-secara-bertahap
ARAHAN SINGKAT: Para atlet tim pelatnas sepak bola celebral palsy menerima arahan singkat dari pelatih Anshar Ahmad (kedua dari kiri) di D’wangsa kompleks Hotel Lorin.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Diminta Jaga Fisik Selama Antisipasi Corona

SOLO,suaramerdekasolo.com. Awak tim pelatnas sepak bola celebral palsy (CP) proyeksi ASEAN Para Games (APG) Filipina 2020, pulang secara bertahap sejak Rabu (25/3). Mereka meninggalkan markas training camp (TC) di Solo, atas keputusan otorita olahraga disabilitas National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) sebagai pencegahan penularan virus corona.

‘’Kami sudah dalam perjalanan meninggalkan penginapan, menuju Bandara Adi Sucipto Yogyakarta. Lalu jam 11.20 terbang ke Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin,’’ kata kapten tim pelatnas sepak bola CP, Yahya Hernanda, Rabu (25/3) pagi.

Tiga pemain asal Kalimantan Selatan (Kalsel) turut bersama dirinya dalam perjalanan pulang itu. Ketiganya adalah kiper Achmad Yusuf, serta gelandang Muhammad Ridhani dan Mahdianur. Masker dan hand sanitizer melengkapinya. Mereka telah menjalani TC pelatnas di Kota Bengawan sejak Mei silam.

‘’Kalau pelatda NPCI di Kalsel masih berlangsung, kemungkinan kami diminta bergabung latihan. Tapi bisa jadi kami berempat dikarantina dulu setiba dari Solo. Kami ikuti saja ketentuan dari pengurus,’’ ujar Yahya.

Tinggal Enam Orang

Dua pemain asal Jabar juga pulang. Striker Cahyana dan pemain sayap Muhammad Ikhsan Tabrani juga mudik, meninggalkan Solo. Keduanya menumpang kereta api. Beda dengan empat rekannya dari Kalsel, keduanya tidak pulang dengan kereta yang sama.
‘’Ikhsan ke arah Cirebon, saya ke arah Bandung. Jadi keretanya berbeda,’’ ujar Cahyana.

Sedangkan pemain asal Kabupaten Magelang, Dani Priya Sejati juga telah mendapatkan izin untuk meninggalkan penginapan. Namun sejumlah pemain lain dari Solo dan beberapa daerah yang relatif dekat jangkuaannya, masih tinggal di penginapan.

‘’Dari total 13 pemain, tinggal enam orang yang masih ada di hotel. Mereka akan menyelesaikan dulu urusan administrasi. Mungkin Kamis atau Jumat nanti sudah pulang semua,’’ jelas pelatih tim pelatnas sepak bola CP, Anshar Ahmad.

Mantan pemain Arseto Solo itu berpesan agar para pemain benar-benar menjaga kesehatan tubuh dan kondisi fisik selama pulang dari TC pelatnas. Dia juga berharap seluruh atlet tetap berlatih kemampuan secara mandiri.

‘’Jadi kalau sewaktu-waktu mereka dipanggil kembali untuk pelatnas, kondisi fisiknya tidak merosot drastis. Jika masih terjaga paling tidak 50 persen, kan tidak terlalu berat untuk mendongkraknya lagi,’’ kata Anshar.(Setyo Wiyono)

Editor: Budi Sarmun