Jaga Performa, Atlet Wajib Kirim Video Latihan Individual

jaga-performa-atlet-wajib-kirimkan-video-latihan-individual
GEMBLENG ATLET: Pelatih tim voli yunior putri klub Vita Solo, Marwoto melepas bola-bola spike saat menggembleng sejumlah atlet di GOR kawasan Sumber, beberapa waktu lalu.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Tim Putri Vita Selama Masa Cegah Corona

SOLO,suaramerdekasolo.com. Beragam kreasi dilakukan masing-masing pelatih, selama anak didiknya libur latihan bersama selama masa mencegah penyebaran virus corona. Hampir seluruh seluruh pelatih berpesan kepada para atletnya untuk tetap menjaga kemampuan diri dalam latihan mandiri di rumah.

Mereka juga memberikan program latihan sebagai PR yang mesti dilakukan atlet. Hal tersebut semata-mata demi menjaga performa mereka, jika wabah telah mereda. Langkah serupa juga dilakukan pelatih voli terhadap tim-tim di Kota Bengawan.

‘’Latihan harian tetap saya monitor. Setiap atlet wajib mengirimkan video latihannya di rumah, minimun durasi sepuluh detik,’’ kata pelatih tim putri yunior klub amatir Vita Solo, Marwoto, Rabu (25/3).

Sekitar 20 pebola voli putri, saat ini berlatih dalam bimbingannya. Mereka merupakan para atlet proyeksi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) SMA 2020, atlet-atlet yunior, serta pemain kelas tiga SMP yang dikader untuk Popda SMA 2021. Marwoto telah membuat program latihan harian untuk durasi satu pekan, sehingga bisa dilakukan berulang.

Tak Maksimal

Materinya lebih pada penjagaan kondisi fisik dan kebugaran. Misalnya joging 1-2,4 kilometer per hari. Lalu push up, sit up, back up, vertikal cup, skipping, serta lari-lari sprint. Tentu semua program diawali dengan peregangan.

Dia menyadari, tak seluruh atlet menjalankan program tersebut secara maksimal. Kendati demikian, menurutnya hal tersebut merupakan upaya agar anak-anak didiknya tetap terjaga kesehatan dan kekuatan fisiknya.

‘’Ada beberapa kalender yang harus mereka jalani pada tahun ini, jika situasi wabah corona segera teratasi. Selain Popda Jateng, ada juga kalender kejurprov yunior Jateng dan kejuaraan U-17. Pada Kejurprov Jateng, tentu kami ingin mempertahankan gelar juara,’’ tandas dia.

Lalu, hingga kapan proses latihan jarak jauh secara individual tersebut akan dia terapkan? Marwoto menyatakan belum bisa memprediksi, hingga kapan wabah virus mematikan itu dapat tertangani. Pihaknya menunggu instruksi dari pengurus Vita Solo dan Pengkot Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Surakarta.

‘’Kami tunggu instruksi lebih lanjut dari Pak Agus Suyanto (Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Pengkot PBVSI-red), mengenai kapan bisa latihan bersama lagi,’’ tutur Marwoto.(Setyo Wiyono)

Editor:Budi Sarmun