Empat Petembak Pelatnas Latihan Kering di Penginapan

empat-petembak-pelatnas-latihan-kering-di-penginapan
BIDIK TARGET: Para petembak pelatnas NPCI proyeksi Paralympic Games Tokyo 2000 membidik target pada latihan di Kandangmenjangan Indoor Shooting Range, Kartasura, sebelum KLB corona, beberapa waktu lalu.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Proyeksi Paralympic Games Tokyo 2020

SOLO,suaramerdekasolo.com. Empat petembak pelatnas proyeksi Paralympic Games Tokyo 2020, menjalani latihan kering selama lebih dari sepekan terakhir. Atlet dari Solo Hanik Pujiastuti, serta atlet Sragen Bolo Triyanto dan Ratmini, termasuk di dalamnya. Seorang lainnya adalah atlet yang membela Papua, Ahmad Ridwan.

Mereka yang masuk training camp (TC) National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) di Solo sejak 1 Januari lalu itu, untuk sementara waktu tidak mengincar langsung target bidikan di arena latihan. Pencegahan penularan virus corona menjadi pertimbangannya.

‘’Sejak 21 Maret lalu, para atlet pelatnas Paralympic berlatih di lingkungan penginapan saja, sesuai instruksi pengurus pusat NPCI. Tapi mereka hanya latihan menembak kering, serta tetap menjaga kondisi fisik dan kebugaran tubuh,’’ kata pelatih tim pelatnas shooting para sport NPCI, Saridi, Senin (30/3).

Latihan kering adalah berlatih menembak tanpa peluru. Jadi seluruh senjata yang biasa digunakan berlatih di arena menembak, dibawa semua ke penginapan. Lalu mereka tetap berlatih konsentrasi menggunakan senapan atau pistol, tanpa target dan peluru.

Target Bayangan

Saridi menyebut, latihan kering bertujuan agar para atlet tetap terasah untuk berkonsentrasi. ‘’Jadi mereka seperti menembak target bayangan. Yang penting fokus menembaknya terjaga. Tapi latihan penjagaan fisik tetap dilakukan di ruang fitness yang berada di penginapan,’’ jelas anggota Grup 2 Kopassus Kandangmenjangan Kartasura itu.

Sebelumnya, empat atlet yang disiapkan memburu tiket menuju pesta olahraga disabilitas sejagad di Tokyo mendatang itu, berlatih di Hartono Trade Center (HTC) Solobaru. Lalu mereka hijrah ke venue menembak Kandangmenjangan Indoor Shooting Range yang berada di kompleks Grup 2 Kopassus, mulai 1 Maret. Tapi karena Solo berstatus KLB corona, latihan sementara dihentikan dan para atlet hanya berlatih di lingkungan penginapan.

Menurut Wakil Sekjen NPCI Rima Ferdianto, sejumlah 35 atlet pelatnas dari delapan cabang olahraga yang diproyeksikan untuk Paralympic Tokyo, tetap dipertahankan. Namun 269 atlet pelatnas yang disiapkan untuk ASEAN Para Games (APG) Filipina 2020, sementara dipulangkan pada akhir Maret ini.

‘’Aktivitas dan latihan bagi 35 atlet pelatnas proyeksi Paralympic Games yang masih dipertahankan di Solo pun harus diawasi superketat, sesuai protokol kesehatan yang dikeluarkan Pemerintah, demi mengantisipasi penularan corona,’’ tandas Rima.(Setyo Wiyono)

Editor:Budi Sarmun