Seleksi Siswa Baru KKO Solo Tunggu Instruksi

seleksi-siswa-baru-kko-solo-tunggu-instruksi
BLOK BOLA: Dua siswa KKO SMPN 1 Surakarta memperkuat tim voli Solo, mengeblok bola spike pemain tim Sukoharjo pada Popda eks Karesidenan Surakarta di kompleks Manahan, beberapa waktu lalu.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Antisipasi Corona, Teknis Pelaksanaan Dirumuskan

SOLO,suaramerdekasolo.com. Bagaimana proses seleksi siswa baru Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMPN 1 Surakarta tahun ajaran 2020/2021 ini? Belum bisa dipastikan, mengingat situasi Covid-19 belum terkendali hingga kini.

Bidang Olahraga pada Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Surakarta, tetap mengajukan pembukaan seleksi masuk KKO. Kendati demikian, belum kunjung diketahui bagaimana kelanjutan proses tersebut.

‘’Prinsipnya, penerimaan siswa baru KKO untuk tahun ini tetap ada. Kami sudah mengajukan nota dinas ke Pak Wali Kota (FX Hadi Rudyatmo-red), tapi masih menunggu instruksi dan petunjuknya,’’ kata Kabid Olahraga Dispora Surakarta, Maretha Dinar Cahyono, Kamis (23/4).

Dia mengungkapkan, konsep seleksinya bakal dibahas dengan konsultan Dispora serta Dinas Pendidikan setempat. Pada pembahasan tersebut akan dirumuskan teknis-teknis pelaksanaan perekrutan siswa barunya, demi mengantisipasi kemungkinan penyebaran virus corona.

Mei-Juni

Kasi Pengembangan Olahraga Dispora, Sugeng Hariyadi menambahkan, rancangan yang diajukan dalam nota dinas sama seperti prosedur seleksi KKO pada tahun-tahun lalu. Menurut pria yang juga koordinatoor KKO SMPN 1 Surakarta itu, proses diawali pendaftaran dan seleksi administrasi para calon siswa yang dirancang Mei nanti. Bagi mereka yang lolos, kemudian mengikuti tes praktik fisik secara umum dan kecabangan.

‘’Nah, soal pelaksanaan tes praktiknya apakah seperti tahun lalu, atau satu persatu atau bagaimana, masih menunggu rumusannya,’’ tutur Sugeng.

Berdasarkan rancangan yang diajukan, skedul pengumuman hasil seleksi terhadap siswa baru KKO akan disampaikan pada Juni. Namun hambatan teknis rangkaian proses pelaksanaannya bisa menemui hambatan, karena selama corona melanda ada larangan seperti terjadinya kerumunan dan pembatasan jarak minimal antarindividu.

Hingga saat ini, tercatat ada 178 siswa KKO SMPN 1 Surakarta. Angka itu merupakan akumulasi seleksi masuk tahun 2017, 2018 dan 2019. Mereka terbagi dalam 12 cabang olahraga, yakni atletik,, renang, bulu tangkis, tenis meja, tenis lapangan. Selanjutnya panahan, bola voli, sepak bola, taekwondo, pencak silat, karate, anggar dan judo.(Setyo Wiyono)

Editor:Budi Sarmun