Balap Motor Jateng Motorace Kembali Ditunda

TUNDA: Pembalap Solo Agus ‘’Iwan’’Setiawan memacu motornya pada sebuah sirkuit balap di Manahan Solo, beberapa waktu lalu. Dia harus menunda persaingan di Wonogiri.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Seri Pertama Tetap Dirancang di Wonogiri

SOLO,suaramerdekasolo.com. Agenda penyelenggaraan lima seri kejurprov balap motor Casytha Jateng Motorace 2020, benar-benar berantakan. Setelah ditunda dari skedul awal 21-22 Maret menjadi 6-7 Juni, kini seri pertama yang rencananya digelar di sirkuit Alun-alun Wonogiri itu kembali terancam kembali mundur.

‘’Kalau situasi akibat pandemi Covid-19 masih seperti ini, rencana seri pertama Jateng Motorace pada Juni nanti bakal ditunda kembali. Konsentrasi semua pihak masih pada penanganan corona, kerumunan massa belum diperbolehkan,’’ kata ketua panitia pelaksana Jateng Motorace, Santo Dwiatmono, Kamis (14/5).

Kendati demikian, seri pertama ajang adu kebut itu, tidak bergeser dari Wonogiri. Sebab, daerah itu dinilai memiliki banyak potensi pembalap muda potensial yang masih terpendam. Daerah lain yang juga dilirik untuk menggeber kejuaraan yang akan dikelola Manahadap Management itu di antaranya Karanganyar dan Solo.

‘’Bukan tidak mungkin, jika tahun ini bisa digelar, seri berikutnya bisa bergeser ke daerah-derah lain di Jateng seperti kawasan pantura,’’ jelas Santo, diiyakan Ketua Federasi Olahraga Balap Motor (FOBM) Surakarta Lilik Kusnandar.

Skedul Agustus

Pria yang juga Sekretaris FOBM Surakarta itu mengungkapkan, sebenarnya para pembalap ingin segera tancap gas. Saat Covid-19 belum menerjang Indonesia, tercatat sudah 50 lebih pembalap yang telah memesan nomor punggung untuk bersaing. Pihaknya menargetkan 400 starter bersaing pada 23 kelas.

‘’Meski harus ditunda-tunda, saya yakin animo pembalap tetap tinggi karena mereka juga cukup lama menunggu kejuaraan,’’ ujarnya.

Sesuai rancangan yang telah disusun, jika jadwal Juni akhirnya harus ditunda, maka skedul penyelenggaraan berikutnya pada Agustus mendatang. Kendati demikian, Santo juga belum bisa memastikan tentang pelaksanaan adu kebut di medio Agustus nanti.

‘’Mudah-mudahan pageblug corona segera berlalu, sehingga kami secepatnya bergerak menggelar kejurprov Jateng Motorace tahun ini,’’ tandas Santo.(Setyo Wiyono)

Editor: Budi Sarmun