GOR Disemprot, Voli Segera Uji Coba Latihan

gor-disemprot-voli-segera-uji-coba-latihan
BERLATIH: Sejumlah awak tim voli putri yunior Solo berlatih di GOR kawasan Sumber, pertengahan Maret lalu. Rencana latihan lagi tim voli dalam menyongsong new normal bakal diujicobakan.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Songsong New Normal di Masa Pandemi

SOLO,suaramerdekasolo.com. Gedung Olahraga (GOR) Vita-PBVSI di kawasan Sumber, Solo, disemprot disinfektan, Minggu (31/5) sore. Sekretaris Pengkot Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Surakarta Bambang Tuko Wibowo menyebut, penyemprotan itu sebagai rangkaian awal persiapan latihan menyongsong new normal atau tatanan normal baru di tengah pandemi Covid-19.

‘’GOR sudah disemprot. Lalu segera diujicobakan kembali latihan tim voli, namun dengan protokol kesehatan ketat. Anggota tim akan dibagi, guna mengikuti latihan secara bergiliran tiap hari,’’ kata Bambang, Senin (1/6).

Sesuai prosedur, seluruh atlet dan pelatih yang akan menjalankan aktivitas di gedung tersebut dicek terlebih dulu suhu tubuhnya menggunakan thermo gun. Selain itu juga disiapkan air mengalir dan sabun untuk cuci tangan, bermasker serta tetap mewaspadai jarak antarpersonal.

‘’Latihan nanti bakal menyangkut fisik dan teknik. Bisa jadi porsinya sendiri-sendiri, atau dipadukan dalam satu sesi latihan,’’ tutur dia.

Pekan Depan

Wakil Ketua bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) Pengkot PBVSI Surakarta, Agus Suyanto menyebut, uji coba itu untuk sementara akan diterapkan pada tim yunior putri. Para pemain diproyeksikan untuk menghadapi Pekan Olahraga Pelajar (Popda) SMA Jateng yang rencana penyelenggaraannya diundur Oktober mendatang.

‘’Saya usulkan awak tim dibagi untuk latihan, jadi tak terlalu banyak anak berkumpul. Jika tak ada perubahan, latihan resmi digelar lagi pada Senin (8/6) pekan depan,’’ ujar Agus yang juga pelatih klub voli amatir Vita Solo itu.

Tim Popda SMA Surakarta sebenarnya sudah benar-benar siap menghadapi pertarungan di skala Jateng pada medio Maret lalu. Skuad putra dipoles pelatih Khairul Pramanto dan tim putri yang diracik Marwoto, telah menabuh genderang perang dan siap bertolak menuju arena laga di Kota Semarang.

Namun perburuan medali emas tersebut akhirnya ditunda, setelah rapat koordinasi Pemprov Jateng yang dipimpin Gubernur Ganjar Pranowo berkait penanganan Covid-19, antara lain memutuskan menunda Popda voli SMA yang sedianya bakal digelar 17-19 Maret. Latihan bersama dan persiapan tim Solo pun akhirnya dihentikan.(Setyo Wiyono)

Editor: Budi Sarmun