Pelatnas Jarak Jauh, Semangat Awak Tim Sepak Bola CP Mengapung

pelatnas-jarak-jauh-semangat-awak-tim-sepak-bola-cp-mengapung
GAMES: Sejumlah pemain pelatnas sepak bola celebral palsy NPCI menjalani games saat training camp (TC) di lapangan Baturan, Colomadu, sebelum pandemi Covid-19.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Songsong ASEAN Para Games Vietnam

SOLO,suaramerdekasolo.com. Motivasi berlatih awak tim pelatnas sepak bola celebral palsy (CP) kembali mengapung. Mereka bersemangat menjalani program-program pelatnas mandiri jarak jauh yang digelar National Paralympic Committee Indonesia (NPCI), sejak Selasa (2/6) lalu.

‘’Teman-teman sangat bersemangat mengikuti latihan jarak jauh yang dimonitor melalui aplikasi daring itu. Tentu kami tetap bertekad mempertahankan medali emas pada ASEAN Para Games (APG) mendatang,’’ kata kapten tim pelatnas sepak bola CP, Yahya Hernanda, Senin ((8/6).

Gelandang asal Kalsel tersebut bersama 12 pemain lain dipulangkan dari training camp (TC) pelatnas di Solo, akhir Maret lalu. Mereka bersama ratusan atlet pelatnas dari 15 cabang olahraga lain dipulangkan demi menghindari persebaran Covid-19. Apalagi otorita olahraga disabilitas Asia Tenggara atau ASEAN Para Sports Federation (APSF) pada 8 Mei, akhirnya resmi membatalkan APG Filipina 2020 karena wabah virus mematikan tersebut.

APG Vietnam

TC pelatnas sepak bola CP NPCI di Solo, sebelum pandemi Covid-19.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

Yahya menyebutkan, hingga kini memang belum ada informasi, cabang olahraga apa saja yang akan diselenggarakan pada APG Vietnam 2021. ‘’Tapi sepak bola CP telah digelar pada tiga APG terakhir. Catatan itu tidak termasuk di Filipina yang urung dilaksanakan,’’ ungkap Yahya.

Semangat tinggi berlatih juga diungkapkan salah seorang kiper pelatnas sepak bola CP, Amin Rosyid. Menurut dia, pemberian program latihan dalam pelatnas jarak jauh tersebut bisa menjadi patokan para atlet guna tetap menjaga kondisi fisik dan performanya. ‘’Meski batal bertanding di Filipina, kini saya dan teman-teman harus bersiap diri menyongsong APG 2021 di Vietnam,’’ tutur pemain asal Klero, Kabupaten Semarang itu.

Pelatih pelatnas sepak bola CP NPCI, Anshar Ahmad yang dibantu asisten pelatih Afif Bayu dan personel pendukung Pomo Warih mengakui, semangat awak timnya kembali mengapung dengan digelarnya pelatnas jarak jauh. Program latihan harian pun terus diberikan agar Yahya Hernanda dkk tidak benar-benar merosot performanya.

‘’Semua telah bisa mengikuti latihan jarak jauh melalui aplikasi daring. Bahkan anak-anak sangat bersemangat dalam menjalankan program-program latihannya,’’ ungkap Anshar.(Setyo Wiyono)

Editor:Budi Sarmun