Tunggu Pembukaan Kembali Kompleks Stadion Manahan

tunggu-pembukaan-kembali-kompleks-stadion-manahan
BERGANTUNG: Seorang bibit atlet panjat Solo Nandito Sumenang bergantung di papan panjat FPTI Surakarta dalam latihan, sebelum kompleks Stadion Manahan ditutup karena pandemi Covid-19.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Beberapa Cabang Latihan di Venue Alternatif

SOLO,suaramerdekasolo.com. Kegiatan pembinaan olahraga prestasi di Solo mulai menggeliat di tengah pandemi Covid-19. Sejumlah cabang olahraga seperti bola voli, sepatu roda, balap sepeda, panahan dan wushu, yang memiliki alternatif arena berlatih, kembali menjalankan program latihan awal.

Namun hingga Jumat (12/6), cabang lain yang tak punya alternatif tempat berlatih, harus menunggu pembukaan kembali kompleks Stadion Manahan sebagai pusat olahraga Kota Bengawan.

‘’Kami harus menunggu Manahan kembali dibuka, karena venue kita berada di sana. Tapi pengurus telah merancang prosedur yang harus dilakukan untuk berlatih, jika sewaktu-wktu Manahan dibuka lagi,’’ kata Ketua Umum Pengkot Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Surakarta, Her Suprabu, Jumat (12/6).

Ketua klub panjat tebing Solo Adventum, Teddy Saba, senada. Menurut dia, sebenarnya ada venue panjat di sejumlah kampus, namun kampus-kampus tersebut juga masih ditutup guna memutus persebaran korona.

‘’Jadi para bibit atlet berlatih mandiri di rumah, guna menjaga kondisi fisik mereka,’’ ujar Teddy.

Jalan Raya

Balap sepeda dan sepatu roda yang biasa berbagi waktu untuk berlatih di velodrome juga menunggu pembukaan kompleks Manahan. Kendati demikian, atlet kedua cabang itu tetap bisa berlatih di lokasi lain.

‘’Para atlet berlatih di jalan raya, baik rute tanjakan maupun flat. Tentu tetap waspada terhadap Covid-19. Namun kami belum bisa mengasah kecepatan maksimal pembalap di velodrome,’’ tutur pelatih Pengkot Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Surakarta, Agus Sadiyanto.

Sepatu roda yang biasa bergantian latihan di selasar velodrome, juga berlatih di lokasi lain sesuai jadwal klub itu. Menurut Kabid Pembinaan Prestasi (Binpres) Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Porserosi) Surakarta, Herman Budiono, latihan lima klub sepatu roda saat ini terpencar.

‘’Viper di HTC Solo Baru, PSSC mulai latihan di jalan raya Manahan-Colomadu, Boskresero di jalan raya Banyuanyar-Waduk Cengklik, serta Rogliss di arena gokart Boyolali. Tapi kami tetap menunggu Manahan dibuka kembali,’’ tutur dia.

Kompleks Stadion Manahan ditutup mulai 14 Maret 2020, setelah malam sebelumnya Pemkot Surakarta menyatakan Solo berstatus kejadian luar biasa (KLB) Covid-19.(Setyo Wiyono)

Editor:Budi Sarmun