Ditambah, Lapangan Pendukung Piala Dunia U-20 di Solo

ditambah-lapangan-pendukung-piala-dunia-u-20-di-solo
STADION MANAHAN: Stadion Manahan Solo setelah direnovasi bakal menjadi salah satu venues Piala Dunia U-20. Stadion itu akan dilengkapi sejumlah lapangan pendamping.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Stadion UNS Menyusul Diusulkan

SOLO,suaramerdekasolo.com. Alternatif lapangan pendukung Piala Dunia U-20 pada 2021 di Solo bakal ditambah. Pemkot Surakarta segera menyusulkan tambahan usulan sebagai pendukung venue Stadion Manahan, yakni Stadion UNS Surakarta yang berada di kampus Kentingan.

Lima lapangan pendukung yang telah diusulkan sebelumnya adalah Stadion Sriwedari, Lapangan Kotabarat, Lapangan Sriwaru, Lapangan Banyuanyar dan Lapangan Karangasem. Karena rumput lapangan Stadion UNS dinilai bagus, maka akan ditabahkan sebagai usulan baru.

‘’Pekan depan, tim panitia Piala Dunia akan datang lagi ke Solo. Maka saya akan tambah usulan Stadion UNS sebagai lapangan pendukung. Rumputnya cukup bagus, serta hanya butuh sedikit pembenahan seperti tambahan ruang ganti dan lampu,’’ kata Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, usai laga sepak bola persahabatan antara tuan rumah UNS Surakarta, Pemkot Surakarta dan tim wartawan, Jumat (10/7).

Stadion UNS berada di kompleks kampus Kentingan, serta tidak jauh dari pintu gerbang belakang. Akses menuju Manahan relatif tidak jauh, serta jarak tempuh sekitar 10 menit. Mengingat berada di kampus, maka pihak UNS perlu melakukan sterilisasi jika memang lapangan itu terpilih sebagai pendukung.

Pembenahan

REktor UNS Surakarta Prof Dr Jamal Wiwoho bermain bola di Stadion UNS Surakarta kampus Kentingan, Jebres, Solo, Jumat (10/7)

Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho menyatakan bakal merasa senang jika stadion di kampusnya bisa menjadi salah satu lapangan pendukung Piala Dunia U-20. Sebab, menurutnya secara normatif sarana-prasarana pendukungnya cukup baik.

‘’Rumput lapangan dinilai relatif baik, ukurannya standar, ruang ganti ada meski mungkin butuh pembenahan. Lampu, jika memang dipersyaratkan maka akan kami sesuaikan,’’ jelasnya.

Mengenai anggaran pembenahan jika terpilih sebagai lapangan pendukung, dia menyatakan bakal menyesuaikan kalau ada anggaran dari Pemkot atau pemerintah pusat. Selain itu, pihak UNS juga memiliki anggaran untuk sarana-prasarana kampus.(Setyo Wiyono)

Editor:Budi Sarmun