Solo Memerah, Latihan Voli Kembali Berhenti

Solo-memerah-latihan-voli-kembali-berhenti
ASAH KEMAMPUAN: Sejumlah pebola voli yunior dan senior mengasah kemampuan di GOR Vita kawasan Sumber, Solo, pekan lalu. Latihan tersebut dihentikan sementara demi antisipasi korona.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*GOR Vita Sumber Ditutup

SOLO,suaramerdekasolo.com. Sebulan mengasah diri bersama-sama dengan menerapkan protokol ketat kesehatan, latihan bola voli Solo kembali terhenti. Latihan voli indoor di GOR Vita daerah Sumber dan lapangan terbuka Penumping ditutup, mulai Senin (13/7).

‘’Karena kasus korona melonjak, seperti hasil tes positif Covid-19 pada 25 dokter residen paru di RS UNS, serta penutupan Pasar Gemblegan karena ada pedagangnya yang terpapar virus, membuat kami memutuskan menghentikan dulu latihan anak-anak,’’ kata Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Pengkot Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Surakarta, Agus Suyanto, Selasa (14/7).

Pria yang juga pelatih tim putri klub voli amatir Vita Solo itu menyatakan tak ingin mengambil risiko atas kemungkinan terjadi penularan di tempat latihan. Padahal para pemain senior, junior, tingkat SMP dan SD, baru berlatih lagi secara bersama-sama sejak pekan kedua Juni lalu. Latihan lebih ditekankan pada pemulihan fisik para atlet, serta pembenahan teknik bermain secara mendasar.

Semangat Mengapung

Sebelumnya, aktivitas berbagai cabang olahraga di Kota Bengawan terhenti saat Solo dinyatakan berstatus kejadian luar biasa (KLB) korona, 13 Maret 2020. Tempat berlatih beberapa cabang yang berada di kompleks pusat olahraga Manahan pun ditutup, termasuk venue latihan voli, tenis lapangan, panjat tebing, velodrome dan stadion.

Namun voli yang mendapat pinjaman gedung yang kemudian disulap menjadi GOR di kawasan Sumber, memulai latihan bersama menyongsong new normal pada pekan kedua Juni. Menurut Agus Suyanto yang juga guru SMAN 1 Surakarta, sebenarnya para atlet dan bibit-bibit pebola voli saat ini sedang mengapung kembali semangatnya untuk menempa diri.

‘’Tapi karena kasus korona menunjukkan peningkatan, maka terpaksa dihentikan lagi. Anak-anak diminta kembali berlatih di rumah masing-masing secara mandiri, hingga situasi berkembang lebih baik,’’ ujarnya.

Khusus latihan di GOR Vita Sumber, terdapat beberapa kelompok pemain yang disiapkan untuk tim-tim senior, yunior termasuk untuk Popda SMA, tim SMP, serta penyaringan bibit-bibit pemain setingkat sekolah dasar (SD).(Setyo Wiyono)

Editor:Budi Sarmun